kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Batik Indonesia diminati warga Hongaria


Sabtu, 16 Mei 2015 / 19:50 WIB
Batik Indonesia diminati warga Hongaria
ILUSTRASI. pertambangan batubara PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG). Foto Dok ITMG


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Produk batik asal Indonesia merupakan salah satu ciri khas Indonesia di dunia. Dalam pagelaran Indonesian Days Expo di Pasar Csarnok, Budapest, Hongaria pada 12-14 Mei 2015 lalu, produk batik diminati pengunjung. Dalam pameran yang berlangsung tiga hari tersebut, produk batik terjual senilai Rp 300 juta.

Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Budapest Hikmat Rijadi mengatakan, produk batik asal Indonesia memiliki daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Untuk menarik perhatian, pihaknya menyuguhkan beberapa pertunjukan seperti Tari Yapong dan Tari Tortor yang dilakukan masyarakat Indonesia yang ada di Budapest. Selain itu, ditayangkan pula pemutaran video promosi wisata Indonesia.

"Saya berharap penyelenggaraan Indonesian Days Expo tahun berikutnya akan lebih baik dan terus meningkat hasil transaksinya terutama kecintaan masyarakat Hongaria pada produk-produk Indonesia," ujar Hikmat dalam keterangan terulisnya, Sabtu (16/5).

Hikmat menjelaskan, Pasar Csarnok tempat pameran dilangsungkan merupakan pasar tradisional terbesar di Hongaria. Pameran ini merupakan upaya mendekatkan produk Indonesia ke masyarakat Hongaria secara langsung. Pasar Csarnok atau yang lebih dikenal dengan namaThe Great Market Hall atau Central Market Hall ("Nagycsarnok") adalah pasar tradisional indoor terbesar dan tertua di Budapest, Hongaria.

Pembangunan pasar ini diprakarsai Walikota Pertama Budapest, Károly Kamermayer. Bangunan pasar ini dirancang dan dibangun oleh Samu Pecz pada 1897. Pasar Csarnok ini berukuran 10.000 m2 dan memiliki tiga lantai yang menawarkan berbagai macam barang kebutuhan sehari-hari dan suvenir.

Menurut survei CNN, Pasar Csarnok ini merupakan salah satu pasar terbaik dan terpopuler di Eropa yang dikunjungi sekitar 30.000 pengunjung setiap harinya. Pasar ini buka setiap harinya dari pukul 6 pagi hingga pukul 5 atau 6 sore dan tutup pada hari Minggu dan libur nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×