kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Baru pulang dari China, pasien RSPI Sulianti Saroso diduga terjangkit virus corona


Jumat, 24 Januari 2020 / 09:38 WIB
Baru pulang dari China, pasien RSPI Sulianti Saroso diduga terjangkit virus corona
ILUSTRASI. Ilustrasi wabah virus corona di China. REUTERS/Tyrone Siu

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyebaran virus korona jenis baru meluas hingga memasuki kawasan Asia Tenggara, termasuk Singapura setelah Thailand. 

Kewaspadaan terhadap penularan virus itu mesti ditingkatkan, termasuk mendeteksi gejalanya, menyusul ada satu pasien di Indonesia diduga terinfeksi virus tersebut. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan Wiendra Waworuntu mengatakan, ada satu pasien terduga tertular virus korona jenis baru. Pasien berinisial R (35) ini memiliki riwayat perjalanan dari China dan dirawat di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta. 

Baca Juga: Badan Karantina Pertanian belum terima laporan penularan virus corona

”Keadaannya baik. (Pasien) Ini terduga. Setelah hasil laboratorium menunjukkan positif, baru disebut ada penularan. Ini suspect (dicurigai) sehingga diawasi intensif,” ujarnya di Jakarta, Kamis (23/1/2020), seperti dikutip Kompas.id. 

Baca Juga: Jumlah korban virus corona China meningkat menjadi 25 orang

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kemenkes Siswanto mengatakan, pemeriksaan laboratorium pada kultur dahak pasien dicocokkan dengan genom virus korona baru (2019-nCoV) di portal Global Initiative on Sharing All Influenza Data. Hasilnya keluar setelah dua hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Seorang Pasien RSPI Sulianti Saroso Diduga Terinfeksi Korona"

Editor : Sandro Gatra




TERBARU

Close [X]
×