kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bappenas usul 4 prioritas program padat karya


Selasa, 07 November 2017 / 21:44 WIB
Bappenas usul 4 prioritas program padat karya

Reporter: Anggar Septiadi | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro beri saran kepada Presiden terkait pelaksanaan Program Padat Karya yang akan dimulai tahun depan. Menurut Bambang ada empat prioritas yang dapat dilaksanakan dalam program Padat Karya terkait target Sustainable Development Goals (SDGs).

"Pertama adalah pendidikan, wujudnya bisa membangun atau merehabilitasi Ruang Kelas," kata Bambang dalam Konferensi Sanitasi dan Air Minum 2017, Selasa (7/11) di Jakarta.


Kedua, soal kesehatan yang dapat diwujudkan dengan membangun fasilitas kesehatan berskala kecil. Agar akses kesehatan masyarakat merata.

Ketiga dan keempat adalah akses sanitasi dan air minum. Bambang sebut, prioritas akses sanitasi dan air minum ini lantaran Indonesia masih miliki nilai yang rendah.

Data Badan Pusat Statistik menjelaskan, pada 2016 akses air minum baru 71,14%, sementara sanitasi baru 76,37% dengan pembagian akses layak 67,2% dan akses dasar 9,17%. Padahal pada 2019 dua indikator tersebut ditargetkan mencapai 100%.

"Menteri Desa dan Daerah Tertinggal juga sepakat, karena pembangunan infrastruktur ekonomi seperti jembatan, danau dan lain-lain juga harus seimbang dengan infrastruktur sosial," lanjut Bambang.



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×