kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   0,00   0,00%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Banjir, biaya rehab jalan rusak Rp 1,5 triliun


Rabu, 29 Januari 2014 / 15:22 WIB
Banjir, biaya rehab jalan rusak Rp 1,5 triliun
ILUSTRASI. Dana KJP Plus Tahap 1 September 2022 Sudah Cair, Ini Besaran Dana yang Didapat. Tribunnew/Jeprima


Reporter: Fahriyadi | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Hujan dan banjir yang melanda sejumlah daerah di Indonesia telah menyebabkan kerusakan pada sejumlah jalan nasional, berupa lubang, gorong-gorong amblas, serta pondasi dan oprit jembatan mengalami kerusakan.

Kerusakan pun merata hampir di seluruh wilayah, mulai dari Pantura di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Sumatera Selatan, Bengkulu, bahkan hingga Sulawesi Utara dan Sulawesi Tenggara. Diperkirakan ada 5.500 lubang jalan rusak yang tersebar di wilyah tersebut.

"Pemerintah langsung menangani kerusakan jalan nasional lewat upaya tanggap darurat," ujar Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU), Djoko Murjanto, Kamis (29/1).

Penanganan tersebut seperti pemasangan rambu-rambu peringatan serta membentuk tim untuk melakukan penutupan lubang.

Djoko memastikan, perbaikan dengan aspal belum bisa dilakukan jika jalan masih tergenang air karena aspal tak akan menempel. "Kami menunggu air surut dan akan dikerjakan sampai jalan kering," ujarnya.

Saat ini, pemerintah sedang mengevaluasi dan menghitung panjang jalan yang rusak pada wilayah yang sudah kering.

Kendati begitu, Djoko memastikan, bahwa beberapa ruas jalan Pantura yang sudah menggunakan rigid pavement (beton) kerusakannya tak terlalu parah. "Dana penanganan sementara untuk perbaikan jalan ini mencapai Rp 510,32 miliar. Setelah penanganan sementara, nantinya akan dilakukan perbaikan permanen dan itu membutuhkan anggaran 1,517 triliun," katanya.

Menurut Djoko, tahun ini jalan Pantura menjadi yang kerusakan paling parah dan diluar prediksi sebelumnya. "Kerusakan jalan yang ditimbulkan juga cukup luas," katanya.

Selain Pantura, Manado pun kerusakannya dirasa cukup parah akibat banjir bandang yang terjadi dua pekan lalu karena ada sekitar 32 titik jalan rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×