kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,08   6,72   0.72%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apkasi tawarkan 5 sektor utama investasi


Rabu, 20 Oktober 2021 / 13:21 WIB
Apkasi tawarkan 5 sektor utama investasi
ILUSTRASI. alat berat. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/foc.


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) menawarkan 5 sektor utama investasi di daerah. Hal itu ditawarkan dalam Apkasi Otonomi Expo 2021 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) 20-22 Oktober 2021. Diharapkan nantinya pameran tersebut dapat menjaring investasi di daerah.

"Tahun ini Apkasi Otonomi Expo menawarkan peluang investasi terkait berbentuk produk-produk daerah yang potensi untuk dikembangkan dan diperdagangkan," ujar Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan di Istana Negara, Rabu (20/10).

Lima sektor utama tersebut antara lain adalah pakan ternak, produksi perikanan tangkap dan budidaya, pembangkit listrik tenaga mikrohidro, agrowisata, serta industri hilir kelapa sawit dan karet.

Baca Juga: Buka Otonomi Expo 2021, Jokowi tekankan kemudahan investasi di daerah

Tidak hanya pameran, pada Apkasi Otonomi Expo juga akan dilakukan forum bisnis. Diharapkan dalam forum tersebut akan dapat memberi penjelasan kepada calon investor. "Kegiatan forum bisnis ini ditutup dengan temu bisnis antara perwakilan pemerintah kabupaten dengan calon investor yang dilakukan secara virtual," terang Sutan.

Sutan menyebut bahwa investasi menjadi salah satu hal penting dalam pergerakan ekonomi di Indonesia. Terutama pada saat pandemi virus corona (Covid-19) saat ini.

Presiden Joko Widodo yang membuka Apkasi Otonomi Expo tahun 2021 menekankan pentingnya kemudahan berusaha di daerah. Sehingga nantinya akan mampu menarik banyak investor untuk masuk ke daerah dan menggerakkan ekonomi. "Menunjukkan bahwa iklim investasi di daerah-daerah kita ini semakin baik," kata Jokowi saat membuka Apkasi Otonomi Expo 2021.

Jokowi bilang perlu adanya kepastian hukum dalam kegiatan berusaha di daerah. Selain itu, perlu juga menekankan kemudahan perizinan dalam mendirikan usaha. Saat ini pemerintah juga telah mengembangkan Online Single Submission (OSS) berbasis risiko. Kemudahan dan kepastian tersebut diharapkan dapat munculkan usaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja.

Selanjutnya: Pemda berperan penting dalam pemulihan pasca pandemi dan pembangunan berkelanjutan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×