kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apakah Bakal Ada Vaksin Lanjutan Setelah Vaksin Booster? Ini Jawaban Kemenkes


Rabu, 19 Januari 2022 / 04:09 WIB
Apakah Bakal Ada Vaksin Lanjutan Setelah Vaksin Booster? Ini Jawaban Kemenkes
ILUSTRASI. Sejak Rabu (12/1/2022), pemerintah sudah memulai pemberian vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Rabu (12/1/2022), pemerintah sudah memulai pemberian vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster. Pemberian vaksin diberikan untuk usia 18 ke atas yang sudah menerima vaksin primer minimal lebih dari 6 bulan serta memprioritaskan kelompok lansia dan rentan. 

Tujuan pemberian vaksin booster dilakukan karena antibodi manusia mengalami penurunan pasca pemberian vaksin dosis satu dan dosis dua setelah 6 bulan. 

Lantas, setelah vaksin booster dilakukan, akankah dibutuhkan vaksin lanjutan? 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga saat ini, para peneliti belum memiliki cukup bukti perihal dibutuhkannya vaksin lanjutan setelah vaksinasi booster. 

Baca Juga: Menkes: Sudah Ada 20 Daerah dengan Capaian Vaksinasi Lansia 60%

"Sampai saat ini kita belum punya cukup pengetahuan ataupun evidence based apakah ini akan ada pengulangan vaksin keempat atau bahkan setiap tahun, jadi artinya kembali setiap tahun kita harus mendapatkan vaksinasi primer," kata Nadia dalam diskusi secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Selasa (18/1/2022). 

Nadia mengatakan, saat ini, pemerintah harus berupaya agar kondisi pandemi Covid-19 bergeser menjadi endemi. Ia mengatakan, hal tersebut sekaligus untuk melihat kebutuhan vaksin Covid-19 dalam penanganan Covid-19. 

"Nanti kebutuhan vaksinasinya itu akan dilihat kembali atau didasarkan kajian-kajian yang ada memang itu dibutuhkan setiap tahunnya," ujarnya. 

Baca Juga: Menkes: 98% Vaksin Covid-19 yang Kedaluwarsa Merupakan Vaksin Donasi

Lebih lanjut, Nadia mengatakan, pemberian vaksin booster sangat perlu dilakukan untuk menekan virus Corona sehingga peningkatan kasus Covid-19 tidak terjadi secara tiba-tiba. 

"Concern kita adalah bagaimana situasi pandemu ini segera diatasi makanya nanti mengapa perlu booster ketiga karena akan dianggap menekan virus, menekan virus itu butuh waktu yang cukup lama," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Setelah Vaksin Booster, Akankah Ada Vaksin Lanjutan? Ini Kata Kemenkes"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Krisiandi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×