kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,28   -14,21   -1.54%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Fakta vaksin Moderna yang bakal jadi vaksin booster tenaga kesehatan


Selasa, 13 Juli 2021 / 13:55 WIB
4 Fakta vaksin Moderna yang bakal jadi vaksin booster tenaga kesehatan
ILUSTRASI. Petugas kargo melakukan bongkar muat vaksin COVID-19 jenis Moderna dari pesawat setibanya di Terminal Cargo Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (11/7/2021). ANTARA FOTO/Fauzan/foc.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada Minggu (11/7/2021), sebanyak 3.000.060 dosis vaksin Moderna dari Amerika Serikat tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. 

Melansir Kementerian Kesehatan, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi dukungan dari rakyat dan Pemerintah Amerika Serikat yang mau membantu program vaksinasi Indonesia dengan mengirimkan vaksin Moderna.

Rencananya vaksin tersebut selain digunakan untuk suntikan pertama dan kedua bagi rakyat Indonesia, secara khusus akan digunakan untuk booster suntikan ketiga bagi para tenaga kesehatan Indonesia.

“Tenaga kesehatan mengalami tekanan yang luar biasa terutama di gelombang kedua dari penularan pandemi ini, sehingga kami ingin memastikan mereka terlindungi secara maksimal,” kata Menkes.

Baca Juga: 3 Manfaat vaksin Covid-19 yang bisa Anda dapat

Berikut empat fakta vaksin Moderna berdasarkan keterangan dari Kementerian Kesehatan:

1. Efikasi Moderna untuk mencegah Covid-19 yang parah adalah sebesar 94,1% pada kelompok usia 18 hingga di bawah 65 tahun dan 86,4% pada kelompok usia 65 tahun ke atas. 

2. Vaksin Moderna telah memperoleh Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan POM pada 2 Juli 2021 sehingga dapat langsung didistribusikan dan digunakan. 

Baca Juga: Inilah 3 manfaat vaksin Covid-19 yang bisa Anda dapat

3. Vaksin Moderna akan digunakan sebagai vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan yang berjumlah 1,4 juta. Dosis ketiga ini dibutuhkan untuk memberikan perlindungan tambahan bagi tenaga kesehatan. 

4. Pemberian vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan ini juga sudah berdasarkan rekomendasi dari Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk nakes akan dimulai pekan depan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×