kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.357.000 -0,07%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

3 Side Event yang Disiapkan untuk Merayakan HUT RI ke-78, Ada Istana Berkebaya


Rabu, 02 Agustus 2023 / 04:42 WIB
3 Side Event yang Disiapkan untuk Merayakan HUT RI ke-78, Ada Istana Berkebaya
ILUSTRASI. Kemenparekraf sudah menyiapkan berbagai side event atau kegiatan menarik dalam rangka HUT RI ke-78. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SIDE EVENT HUT RI - Dalam rangka mendukung dan menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sudah menyiapkan berbagai side event atau kegiatan menarik. Event tersebut akan melibatkan partisipasi aktif masyarakat di seluruh tanah air.

Melansir laman Infopublik.id, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) yang juga Ketua II Panitia Pelaksana Peringatan HUT Ke-78 RI Angela Tanoesoedibjo mengatakan, Kemenparekraf menyiapkan tiga side events yang dirancang untuk bersama-sama membangkitkan semangat kebangsaan dan kebanggaan atas tradisi dan budaya Indonesia.

Side event pertama yang diinisiasi oleh Oase KIM (Oase Kabinet Indonesia Maju) dengan tujuan untuk meningkatkan rasa kecintaan masyarakat terhadap budaya Indonesia yang direpresentasikan melalui pagelaran angklung terbesar di dunia.

Pagelaran itu akan melibatkan lebih dari 15 ribu pemain angklung dan akan memainkan satu lagu nasional yang berjudul ‘Berkibarlah Benderaku’ dan satu lagu internasional ‘Wind of Changes’.

“Event Ini akan diadakan pada Sabtu, 5 Agustus 2023 pukul 19.30 – 21.00 WIB dan akan dimeriahkan oleh berbagai pengisi acara ternama termasuk Kahitna. Pagelaran angklung nantinya akan dipandu oleh Saung Angklung Mang Udjo,” kata Angela.

Baca Juga: Tema dan Logo HUT RI ke-78: Link Download, Filosofi, dan Panduan Penggunaannya

Side event yang kedua adalah Istana Berkebaya yang diinisiasi oleh Pemprov DKI Jakarta dengan tujuan mengangkat nasionalisme melalui budaya berkebaya. Istana Berkebaya sendiri merupakan peragaan busana kebaya yang menghadirkan 401 peserta dengan catwalk sepanjang 200 meter di area luar depan Istana Merdeka pada Minggu, 6 Agustus pukul 15.30 – 17.45 WIB.

Dalam kegiatan Istana Berkebaya ini, kebaya tidak hanya dikenakan oleh tokoh-tokoh wanita inspiratif Indonesia, tetapi juga mengajak masyarakat luas untuk ikut berpartisipasi. Istana Berkebaya juga akan dimeriahkan dengan pertunjukan seni tari, pertunjukan musik, panggung budaya, dan area pameran UMKM.

Istana Berkebaya akan mendapat dukungan dari koreografer Denny Malik serta Fida Alisyahbana dari Jakarta Fashion Week.

Baca Juga: Sambut Hari Kemerdekaan, Souvia Menjadi Pilihan Mitra Penyedia Suvenir Perusahaan

“Kita mengundang masyarakat memakai baju kebaya, kita ramaikan bersama-sama acara Istana Berkebaya ini,” jelasnya.




TERBARU

[X]
×