CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

3 Fakta Penting Soal Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun


Jumat, 24 Desember 2021 / 05:44 WIB
3 Fakta Penting Soal Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun
ILUSTRASI. Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, vaksin anak usia 6-12 tahun adalah usaha perlindungan ekstra bagi anak-anak dan orang-orang di sekitarnya. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa hari terakhir, beredar video hoaks yang menyatakan anak-anak tengah dimanfaatkan sebagai kelinci percobaan vaksin. Terkait isu ini, Satgas Penanganan COVID-19 meminta masyarakat tidak terpengaruh serta menyebarluaskan berita bohong atau hoaks. 

Mengutip laman covid19.go.id, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa vaksin anak usia 6-12 tahun adalah usaha perlindungan ekstra bagi anak-anak dan orang-orang di sekitarnya. 

Untuk itu, masyarakat diminta bijak dalam menerima informasi dan malahan tidak menyebarluaskan atau membuat konten video tanpa basis ilmiah.

"Mohon siapapun untuk tidak membuat konten informasi yang salah dan tidak berbasis fakta serta data ilmiah dari sumber terpercaya. Karena terdapat sanksi hukum apabila menyebar dan menimbulkan misinformasi atau dis informasi," tegas Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19, Kamis (23/11/2021) yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Cek Syarat Boleh atau Tidak Boleh Anak Usia 6-11 Tahun Divaksin Covid-19

Wiku menambahkan, hendaknya masyarakat  selektif dalam menerima informasi yang ada. Dia juga menyarankan, agar masyarakat menerima informasi berdasarkan fakta-fakta atau kajian berbasis ilmiah yang ada. 

Berikut adalah tiga fakta yang harus diketahui terkait vaksin anak usia 6-11 tahun:

1. Sudah dapat izin BPOM 

Vaksin jenis Sinovac baik yang langsung diproduksi oleh Sinovac di China, atau Coronavac maupun yang diolah oleh Biofarma telah mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat atau Emergency Use of Authorization (EUA), serta penerbitan nomor izin edar dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (POM).

Baca Juga: 7 Tips Menenangkan Anak yang Tidak Mau Divaksin Covid-19 Karena Takut Disuntik

Karena, penerbitan EUA diberikan kepada obat atau vaksin COVID-19 yang masih dalam tahap pengembangan di masa pandemi semata-mata untuk memberikan perlindungan terbaik bagi seluruh masyarakat. Termasuk juga perlindungan anak-anak usia 6-11 tahun ditengah potensi penularan COVID-19 yang masih ada.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×