kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

100 Tahun kedatangan warga Korea di RI, Wapres: Hubungan baik ini perlu dijaga


Senin, 21 September 2020 / 04:30 WIB
100 Tahun kedatangan warga Korea di RI, Wapres: Hubungan baik ini perlu dijaga


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada peringatan 100 tahun kedatangan warga Korea ke Indonesia, Minggu (20/9/2020), Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin memberikan apresiasinya. Ma’ruf mengatakan, kedatangan warga Korea telah terjadi sebelum Indonesia merdeka. 

Bahkan ada warga Korea yang membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia hingga gugur dan dimakamkan di taman makam pahlawan. 

“Ini menandakan hubungan antara kedua negara ini telah lama erat, memiliki nilai historis yang tinggi, bukan hanya sekadar hubungan formal kenegaraan. Hubungan baik ini harus dijaga dan ditingkatkan,” kata Wapres Ma’ruf Amin dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020). 

Wapres Ma'ruf Amin mengatakan kerja sama Indonesia dengan Korea telah banyak dilakukan, contohnya dalam bidang ekonomi dan investasi. 

Baca Juga: ​4 Fakta tentang wajib militer di Korea Selatan

Menurut dia, semakin banyak produk Korea yang diproduksi di Indonesia dan mendapat tempat di hati warga Indonesia. “Siapa yang tidak kenal produk Korea seperti Samsung atau LG? Investasi yang saling menguntungkan ini perlu terus dilanjutkan,” ujar Wapres Ma'ruf Amin. 

“Semakin banyaknya produk Korea yang diproduksi di Indonesia diharapkan juga terjadi alih teknologi untuk mendorong proses industrialisasi Indonesia,” lanjut Wapres. 

Ma’ruf menambahkan, Indonesia bisa banyak belajar dari Korea. Investasi dan alih teknologi diharapkan bisa membuat produk Indonesia semakin meningkat kualitasnya, bahkan bisa diekspor ke luar negeri. Hingga diharapkan juga makin banyak produk-produk Indonesia bisa diterima di Korea. 

Baca Juga: ​Mengapa Korea Utara dan Korea Selatan bermusuhan? Ini penjelasannya

Lebih lanjut, Wapres mengatakan, Pandemi Covid-19 saat ini mengingatkan kita bahwa tidak ada satu negara pun yang bisa mengatasinya sendirian. Sangat diperlukan kerja sama dan kolaborasi menangani pandemi. 

“Kami mengapresiasi bantuan dari Pemerintah Korea dan dukungan Asosiasi Korea di Indonesia yang membantu meringankan dampak dari pandemi Covid-19,” ujar Wapres.

“Selain itu, kerja sama produksi alat kesehatan antara Korea dan Indonesia terbukti bisa membawa manfaat bagi kedua negara. 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×