kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kemkop UKM dorong pembentukan perusahaan penjaminan kredit daerah


Rabu, 28 Maret 2018 / 21:47 WIB
Kemkop UKM dorong pembentukan perusahaan penjaminan kredit daerah
ILUSTRASI.


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - GORONTALO. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) dorong pembentukan Perusahaan Penjaminan Kredit Daerah (PPKD) di setiap provinsi di Indonesia. Kementerian pun intens menggelar rapat koordinasi dengan melibatkan stakeholders daerah dalam rangka mendukung percepatan pembentukan PPKD.

“Pendirian PPKD memang membutuhkan waktu, sehingga tidak mungkin dengan sekali pertemuan dapat segera berdiri,” kata Asdep Pembiayaan Non bank dan Perpajakan, Kemenkop dan UKM, Suprapto dalam siaran pers, Rabu (28/3).

Anis selaku Asisten I Setda Gorontalo mengungkapkan apresiasi atas pembentukan PPKD di Provinsi Gorontalo guna mendukung pengembangan UMKM di daerah. UMKM di Gorontalo menghadapi kendala akses permodalan. Dengan adanya PPKD ini diharapkan kendala tersebut dapat teratasi.

“Kiranya PPKD di Gorontalo dapat segera terbentuk untuk membantu menanggulangi akses permodalan tersebut dan beroperasi dengan baik sehingga PPKD di Gorontalo tidak hanya menjadi target institusi semata melainkan dapat memajukan UMKM dan mendongkrak perekonomian di Prov. Gorontalo,” ujar Anis.

Dirut PT Jamkrida Babel, Erlan Hadi Susanto menjelaskan bahwa pendirian PPKD diperlukan untuk mempermudah koperasi dan UMKM yang tidak memiliki agunanan, atau yang agunannya kurang untuk mengakses sumber pembiayaan dari perbankan.

“Hal ini dikarenakan PPKD dapat memberikan jaminan kepada bank, sebab PPKD juga dapat menjadi mitra bagi bank sebagai debitur,” terangnya.

Selanjutnya sebagai wadah bagi PPKD yang ada di seluruh Indonesia terbentuklah ASIPPINDO (Asosiasi Perusahaan Penjaminan Indonesia)

“Saat ini sudah terbentuk 18 (delapan belas) PT. Jamkrida di Indonesia dan telah tergabung menjadi anggota ASIPPINDO. PPKD di Gorontalo diharapkan dapat segera terbentuk sehingga dapat bergabung dengan ASSIPPINDO untuk turut mendorong penjaminan bersama" tutup kadar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×