kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini lima prioritas nasional dalam rancangan awal RKP 2019 dari Bappenas


Jumat, 23 Maret 2018 / 23:14 WIB
Ini lima prioritas nasional dalam rancangan awal RKP 2019 dari Bappenas
ILUSTRASI. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro


Sumber: TribunNews.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menetapkan lima prioritas nasional dalam rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019.

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro ‎mengatakan, dalam RKP 2019 telah mengusulkan lima Prioritas Nasional (PN), 24 Program Prioritas (PP), dan 102 Kegiatan Prioritas (KP).

"Penetapan lima PN tersebut merupakan bagian dari strategi pemerintah untuk menjawab isu-isu strategis pada 2019. Pertama, persentase penduduk miskin masih tinggi," ujar Bambang, Jakarta, Jumat (23/3).

Menurutnya, ‎penanganan kemiskinan memerlukan pendekatan yang multidimensi, sehingga Kementerian PPN/Bappenas sebagai sistem integrator melihat upaya pengurangan kemiskinan tidak hanya fokus pada peningkatan akses dan kualitas pendidikan serta kesehatan saja.

"Tetapi juga perlu didukung penyediaan layanan dasar yang mudah untuk diakses serta pemukiman yang layak," ucapnya.

Kedua, salah satu faktor penghambat terwujudnya pemerataan dan kebangkitan pembangunan daerah adalah adanya kesenjangan, baik pada aspek kebijakan, sebaran penduduk, potensi sumber daya manusia, potensi pendapatan daerah, serta pengembangan potensi ekonomi.

Dengan kata lain, menurut Bambang, agenda pembangunan nasional akan berjalan sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1945, jika didukung dengan kebijakan dan afirmasi perlakuan yang berlandaskan pemerataan menuju kesetaraan.

"Ketiga, pembangunan ekonomi suatu bangsa merupakan pilar penting bagi terselenggaranya proses pembangunan di segala bidang," paparnya.

Bambang menilai, ‎jika pembangunan ekonomi berhasil maka akan memberikan multiplier effect kepada pembangunan bidang lain. "Keempat, pentingnya pemantapan ketahanan energi, ketahanan pangan, dan ketahanan air," ujarnya.

Terakhir, Bambang melihat tahun depan adalah tahun politik dimana pemilihan umum dan pemilihan presiden akan dilangsungkan secara bersamaan, sehingga stabilitas keamanan akan menjadi isu krusial yang harus disiapkan solusinya.

"Dengan persiapan yang maksimal, diharapkan penyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan optimal," kata Bambang. (Seno Tri Sulistiyono)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bappenas Tetapkan Lima Prioritas Nasional dalam Rancangan Awal RKP 2019

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×