NASIONAL
Berita
Ini imbauan presiden menjelang Hari Buruh 1 Mei

MENJELANG HARI BURUH

Ini imbauan presiden menjelang Hari Buruh 1 Mei


Telah dibaca sebanyak 1188 kali
Ini imbauan presiden menjelang Hari Buruh 1 Mei

JAKARTA. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengimbau Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) segera meningkatkan hubungan industrial dengan para pekerja sebelum hari buruh sedunia diperingati pada 1 Mei.

"Sebelum 1 Mei, saya mengimbau Apindo berdialog dengan para buruh untuk membicarakan masalah soal hubungan industrial, dan tentu pemerintah akan memfasilitasinya," ujar Presiden SBY, Senin (8/4).

Presiden menyatakan, berbagai isu seputar memburuknya hubungan industrial terkait soal upah dan serta relokasi pabrik besar-besaran dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur perlu dilihat secara seksama.

"Perlu dilihat apakah relokasi itu terkait upah yang tinggi atau karena tingginya pungutan liar yang membebani pengusaha," tegas Presiden.

Menurutnya, jika relokasi terjadi karena banyak pungutan kepada pengusaha, maka hal itu perlu ditertibkan dengan tegas. Untuk itu, Presiden meminta Gubernur dan Walikota mengambil tindakan jika ada pungutan liar yang membebani pengusaha.

Ia menjelaskan, pemerintah ingin pengusaha taat membayar pajak dan bisa memberikan upah yang layak pada buruh, dan jangan diperas serta ada pungli yang tinggi. Selain itu, SBY juga mengimbau buruh untuk meningkatkan produktivitasnya.

Sekadar informasi, Apindo sebagai perwakilan pengusaha telah menyatakan diri "vacuum" dari Lembaga Kerja Sama Tripartit Nasional (LKS Tripnas) terhitung sejak mereka menolak penetapan UMP 2013.

Editor: Asnil Bambani Amri
Telah dibaca sebanyak 1188 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Peringatan Hari Nusantara di Lampulo Aceh 13 Desember

    +

    Rencananya acara akan berlangsung pada 13 Desember 2015 di Pelabuhan Lampulo, Banda Aceh. Rangkaian kegiatan pengisi acaranya meliputi beberapa seminar seperti Peringatan Hari Kelautan Dunia (World Ocean Day)

    Baca lebih detail..

  • Bon Jovi Live Concert 11 September

    +

    Penantian 20 tahun penggemarnya di Indonesia akan terjawab dalam konser yang akan berlangsung 11 September 2015

    Baca lebih detail..

    A PHP Error was encountered

    Severity: Notice

    Message: Undefined variable: berita

    Filename: all_kanal/list_berita.php

    Line Number: 2

    A PHP Error was encountered

    Severity: Warning

    Message: Invalid argument supplied for foreach()

    Filename: all_kanal/list_berita.php

    Line Number: 2