: WIB    --   
indikator  I  

Ekonom: Daya beli masih stagnan hingga akhir tahun

Ekonom: Daya beli masih stagnan hingga akhir tahun

KONTAN.CO.ID - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) inflasi inti Agustus tahun ini tercatat sebesar 0,28%. Angka ini naik tipis dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 0,26%.

Jika laju inflasi inti mencerminkan daya beli sekaligus permintaan masyarakat, maka berdasarkan data BPS, permintaan barang oleh masyarakat semakin banyak dan daya beli terindikasi naik.

Meski data terbilang naik, ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih mengatakan, kenaikan ini tidak berarti daya beli naik. "Naiknya masih tipis dan cenderung stagnan, belum bisa dibilang daya beli membaik," ujar Lana ketika dihubungi KONTAN di Jakarta pada Selasa (5/9).

Lana menuturkan, kenaikan di Agustus ini merupakan hal wajar karena adanya komponen pengeluaran untuk pendidikan.

Bagi perguruan tinggi, pengeluaran pendidikan dimulai Agustus sehingga pengeluaran masyarakat pun meningkat. "Selain itu harga emas juga sedikit naik, jadi berdampak pula pada para pembeli emas," kata Lana lagi.

Lana ini memprediksi daya beli hingga akhir tahun akan terus stagnan. Ia mengatakan, daya beli akan naik di akhir tahun, tetapi kecenderungan daya beli masih tetap stagnan.

"Akan ada kenaikan di sektor rekreasi dan ini wajar terjadi setiap tahun," ujarnya.

Untuk mendongkrak daya beli, Lana menyarankan pemerintah menjaga harga kebutuhan pokok dan memaksimalkan pengeluaran pemerintah terutama yg bisa mendongkrak multiplier terkait belanja pegawai, menurunkan suku bunga, dan menjaga keyakinan konsumen dan produsen.


Reporter Choirun Nisa
Editor Yudho Winarto

DAYA BELI KONSUMEN

Feedback   ↑ x
Close [X]