kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DPR sudah terima nama calon Deputi Gubernur BI, siapa saja?


Selasa, 30 Januari 2018 / 20:45 WIB
DPR sudah terima nama calon Deputi Gubernur BI, siapa saja?
ILUSTRASI. Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo


Reporter: Ramadhani Prihatini | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengungkapkan, DPR telah menerima surat Presiden Joko Widodo terkait pergantian Deputi Gubernur BI. Dalam surat tersebut, Presiden mengajukan tiga nama calon pengganti Perry Warjiyo yang masa jabatannya akan berakhir pada 15 April 2018.

“Kami baru terima suratnya. Besok, surat itu kami serahkan ke Badan Musyawarah (Bamus), kemudian akan disampaikan dalam sidang paripurna,” kata Taufik dikutip dari laman resmi DPR RI, Selasa (30/1).

Ketiga nama calon Deputi Gubernur BI yang diajukan presiden adalah Dody Budi Waluyo, Doddy Zulverdi, dan Wiwiek Sisto Widayat.

DPR akan segera melakukan uji kelayakan setelah surat itu dibacakan dalam sidang paripurna. Ia mengimbuh, proses seleksi akan kembali ke Bamus kemudian diserahkan ke Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang menjadi mitra BI, yakni Komisi XI DPR.

Namun, Taufik belum bisa memastikan, kapan proses uji kepatutan dan kelayakan terhadap ketiga calon itu akan dilangsungkan.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009, ketiga nama yang diusulkan akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di DPR. Setelah tahapan itu selesai, Deputi Gubernur BI yang mendapat persetujuan DPR akan diangkat dan ditetapkan Keputusan Presiden (Kepres),” jelas Wakil Ketua DPR bidang Ekonomi dan Keuangan itu.

Asal tahu saja, ketiga nama yang diusulkan tersebut merupakan pejabat senior BI yang mempunyai pengalaman luas di bidang moneter. Saat ini, Dody Waluyo menjabat Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter.

Sementara, Doddy Zulverdi menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI sejak 2015. Peraih gelar Master dari Columbia University itu sudah 20 tahun bertugas di departemen yang membidangi kebijakan moneter.

Terakhir, Wiwiek Sisto Widayat merupakan Kepala Perwakilan BI Jawa Barat. Peraih gelar Master di Swinburne University ini berkarir di BI sejak 1993 dan pernah bertugas sebagai Kepala Grup Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×