kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi kirim tiga nama calon deputi gubernur BI


Senin, 29 Januari 2018 / 20:06 WIB
Jokowi kirim tiga nama calon deputi gubernur BI
ILUSTRASI. Deputi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo - Seminar Ekonomi Syariah


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim tiga nama calon deputi gubernur Bank Indonesia (BI) pengganti Perry Warjiyo. Perry akan memasuki masa purna tugas pada April 2018 mendatang.

Kabar yang beredar, ketiga nama yang dikirim Jokowi, yaitu Dody Budi Waluyo yang saat ini menjabat sebagai Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter, Doddy Zulverdi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter, dan Wiwiek Sisto Hidayat yang saat ini menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat.

Anggota Komisi XI Fraksi Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan, berdasarkan prosedurnya, nama-nama yang dikirimkan Presiden tersebut masuk ke Pimpinan DPR. Kemudian, dilaporkan di rapat paripurna dan dilanjutkan ke Badan Musyawarah (Bamus).

Jika sudah sampai ke Bamus, barulah Komisi XI menjadwalkan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test). Namun, "Sampai saat ini nama-nama itu belum dibawa ke rapat paripurna sehingga belum ada jadwal fit and proper test," kaya Johnny kepada KONTAN, Senin (29/1).

Johnny memperkirakan tak butuh waktu lama untuk uji kepatutan dan kelayakan. Maksimal lanjut dia, hanya dua hari lantaran jumlah calon tak banyak.

Nama Dody Budi Waluyo sendiri, tak asing lagi ditelinga. Sebab Dody juga pernah menjadi calon Deputi Gubernur BI Bidang Sistem Pembayaran yang saat itu masih dijabat oleh Ronald Waas. Namun, Johnny enggan menyebut calon mana yang paling kuat.

Nasdem kata Johnny, akan melihat kualifikasi ketiga calon dengan kebutuhan BI sendiri. "Nanti diujikan kepada yang bersangkutan. Dody sudah pernah diuji, DPR sudah tau. Tinggal membandingkan antara kebutuhan BI dengan dua kandidat lainnya," tambah dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×