NASIONAL
Berita
Bea Cukai akan membuka lowongan 2.800 pegawai baru

KINERJA BEA CUKAI

Bea Cukai akan membuka lowongan 2.800 pegawai baru


Telah dibaca sebanyak 7742 kali
Bea Cukai akan membuka lowongan 2.800 pegawai baru

JAKARTA. Tahun 2013 mendatang, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) berencana menambah hingga 2.800 pegawai baru. Penambahan pegawai dilakukan untuk mengejar target setoran cukai ke negara, yang naik setiap tahunnya.

"Saat ini pegawai kami 10.100 orang, padahal kami butuh 15.000 pegawai. Jadi, tahun 2014 kita akan menambah sekitar 2500 hingga 2800 pegawai lagi," kata Agung Kuswandono, Direktur Jenderal Bea dan Cukai di Jakarta baru-baru ini.

Selain menambah pegawai, DJBC akan memperkuat sistem teknologi informasi (IT) untuk beberapa kantor bea Cukai di Indonesia. Kapasitas dan perbaikan jaringan juga menjadi fokus bea dan cukai. "Kita akan jadikan ini lebih sophisticated," tegas Agung.

Penambahan juga akan diterapkan pada sarana dan prasarana. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berencana menambah sarana kapal patroli di perbatasan dan alat pemindai. "Kami sudah mendapat tambahan anggaran yang disetujui dari pagu anggaran Rp 2,2 triliun, sebesar Rp 302 miliar ditambahkan khusus untuk sarana dan prasarana,” jelas Agung.

Sarana prasarana ini juga akan diperkuat dengan menambah sarana pangkalan di daerah Timur Indonesia seperti di Sorong, Papua dan di wilayah Tengah seperti di Sulawesi. Hal ini ditujukan untuk mengawasi perairan khususnya di wilayah Timur.

Kemudian, DJBC ternyata menyadari masih diperlukannya restrukturisasi organisasi DJBC. Hal ini mempertimbangkan perkembangan-perkembangan yan terjadi pada pelabuhan-pelabuhan yang merupakan pintu keluar/masuk barang.

Menurut Agung saat ini Bandara Soekarno Hatta telah berkembang dua kali lipat dari sebelumnya, sehingga sedang dipertimbangkan urgensi mengubah struktur organisasi bea dan cukai di sana.  "Kami sering mengadakan kajian tentang struktur organisasi DJBC. Begitu pula dengan Cikarang Dry Port apakah perlu pelayanan secara langsung dari Bea dan Cukai Bekasi?" ungkap Agung.

Kinerja Capai target

Mengenai realisasi penerimaan cukai 2012, Agus bilang, berhasil pihaknya berhasil mencapai melampaui target sebesar Rp 131,2 triliun. Berdasarkan laporan kinerja pekan lalu, DJBC telah memperoleh penerimaan sebesar Rp 139,8 triliun. "Target sudah terlewati untuk total penerimaan bea dan cukai,"  tegas Agus.

Untuk tahun 2013,  DJBC menargetkan penerimaan cukai sebesar Rp 151 triliun. Maka itulah, DJB menyusun rencana dan strategi 2013, termasuk untuk menambah pegawai. "Target ini sudah dimulai awal Januari 2013," kata Agung.

Telah dibaca sebanyak 7742 kali



Syarat & Ketentuan Komentar :
  1. Tidak memuat isi bohong, fitnah, sadis dan cabul.
  2. Tidak memuat isi yang mengandung prasangka dan kebencian terkait dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta menganjurkan tindakan kekerasan.
  3. Tidak memuat isi diskriminatif atas dasar perbedaan jenis kelamin dan bahasa, serta tidak merendahkan martabat orang lemah, miskin, sakit, cacat jiwa, atau cacat jasmani.
  4. KONTAN memiliki kewenangan mutlak untuk mengedit atau menghapus komentar yang bertentangan dengan ketentuan ini.

LIPSUS

LIPSUS Update

  • Bisnis properti tiarap dulu

    +

    Industri properti menyambut 2014 dengan pesimistis.

    Baca lebih detail..

  • Mobil baru bermunculan kendati pasar stagnan

    +

    Pelemahan ekonomi membuat pasar otomotif tak melaju cepat.

    Baca lebih detail..