: WIB    —   
indikator  I  

Awal 2018 lelang dini ditarget 60% ditandatangani

Awal 2018 lelang dini ditarget 60% ditandatangani

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) akan memulai lelang dini tahun anggaran 2018 pada pertengahan Oktober mendatang. Ini guna mempercepat pembangunan jalan nasional.

Lelang dini yang mulai dilaksanakan pada 2016 diklaim Kementerian PU-Pera dapat meningkatkan penyerapan anggaran hingga 95%.

Arie Setiadi Moerwanto, Ditjen Bina Marga Kementerian PU-Pera mengatakan, dalam mempersiapkan lelang dini ini, Ditjen Bina Marga kini sedang mempersiapkan infrastruktur proses lelang.

“Saat ini kami sedang menyiapkan Unit Layanan Pengadaan dan Kelompok Kerja Pengadaan Barang dan Jasa yang lebih transparan dan akuntabel,” kata Arie kepada KONTAN (8/10).

Salah satu proyek Ditjen Bina Marga yang akan mengikuti lelang dini adalah Kontrak Pemeliharaan ruas-ruas long segment jalan nasional di seluruh Indonesia. Kontrak long segment merupakan paket pelebaran, rekonstruksi, dan pemeliharaan jalan termasuk median jalan dalam satu kontrak.

“Untuk bidang Bina Marga ditargetkan pada Bulan Januari minimal 60% lelang telah ditandatangani,” kata Arie.

Dari data pelelangan dini Kementerian PU-Pera TA 2018 (eMonitoring) yang didapat KONTAN akan ada 2.916 paket senilai Rp 24,68 triliun yang akan dilelang oleh Ditjen Bina Marga. Proses lelang sendiri akan dilakukan bertahap mulai pertangahan bulan ini hingga Februari mendatang.

Sementara bulan ini akan dimulai lelang 1.765 paket dengan nilai 12,92 triliun atau sebesar 52,37% dari total lelang dini yang direncanakan.


Reporter Anggar Septiadi
Editor Rizki Caturini

PENDANAAN INFRASTRUKTUR

Feedback   ↑ x
Close [X]