kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS946.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Wiku Adisasmito jadi Jubir Penanganan Covid-19 gantikan Achmad Yurianto


Selasa, 21 Juli 2020 / 15:06 WIB
Wiku Adisasmito jadi Jubir Penanganan Covid-19 gantikan Achmad Yurianto
ILUSTRASI. Wiku Adisasmito, Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang kini menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 menggantikan Achmad Yurianto.

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah telah menunjuk Wiku Adisasmito sebagai Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19. Wiku menggantikan Achmad Yurianto yang sebelumnya menjabat sebagai juru bicara pemerintah sejak 3 Maret 2020.

"Juru bicara pemerintah di sini adalah Prof. Wiku dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana)," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi pers, Selasa (21/7).

Achmad Yurianto juga membenarkan pergantian tersebut. "Betul (Jubir pemerintah digantikan oleh Wiku Adisasmito)," ujarnya kepada Kontan.co.id.

Wiku merupakan Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Covid-19. Pria kelahiran 20 Februari 1964 ini pun menamatkan pendidikan dari IPB Bogor tahun 1988 sebagai dokter hewan. Selanjutnya, dia meraih Master of Science (MSc.) dari Colorado State University (CSU) pada tahun 1990 dan Doctor of Philosophy (Ph.D.) pada tahun 1995.

Baca Juga: Apa saja tugas satgas pemulihan ekonomi nasional? Ini gambarannya

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah membentuk Komite penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional seperti yang diatur dalam Perpres Nomor 82 tahun 2020. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa komite ini dibentuk untuk mempercepat penanganan Covid-18 serta pemulihan dan transformasi ekonomi nasional.

Komite tersebut terdiri dari komite kebijakan, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 serta Satuan Tugas pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional.

Komite Kebijakan tersebut diketuai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Lalu Wakil Ketua I yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Wakil Ketua II yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wakil Ketua III yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Wakil Ketua IV Menteri Keuangan, Wakil Ketua V Menteri Kesehatan, Wakil Ketua VI Menteri Dalam Negeri sementara Ketua Pelaksana adalah Menteri BUMN.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dipimpin oleh Doni Monardo, sementara Gugus Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional yang dipimpin Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga: Erick Thohir pimpin satgas pemulihan ekonomi nasional dan penanganan corona

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Excel Master Class: Data Analysis & Visualisation Supply Chain Planner Development Program

[X]
×