kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,11   -0,53   -0.06%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wamendag sebut terbuka peluang peningkatan ekspor pasca vaksinasi Covid-19


Rabu, 30 Juni 2021 / 10:33 WIB
Wamendag sebut terbuka peluang peningkatan ekspor pasca vaksinasi Covid-19
ILUSTRASI. Suasana bongkar muat di Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta, Rabu (16/6). Wamendag sebut terbuka peluang peningkatan ekspor pasca vaksinasi Covid-19.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan bahwa surplus neraca perdagangan Indonesia terus berlanjut hingga Bulan Mei 2021 ini.

Pada bulan Mei surplus mencapai US$ 2,36 miliar sehingga secara total dari Januari sampai Mei surplus perdagangan Indonesia mencapai US$ 10,17 miliar. 

Catatan bagus ini melanjutkan prestasi di tahun 2020 yang nilai surplusnya mencapai US$ 20 miliar. 

Menurut Wamendag, capaian ini patut disyukuri. Ia pun mengapresiasi kerja keras jajaran Kemendag, kementerian lain dan seluruh pelaku usaha. Ini dikatakannya ketika menjadi pembicara kunci pada seminar ekspor yang diadakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Asia-Oceania.

Baca Juga: Lonjakan Infeksi Covid-19 Kembali Menekan Impor RI

“Ini adalah prestasi dari pelaku usaha yang difasilitasi oleh Kemendag bersama Kementerian dan lembaga lain. Mudah-mudahan ke depan kolaborasi ini bisa ditingkatkan,” kata Jerry, Rabu (30/6).

Jerry melihat bahwa ekonomi dan perdagangan internasional sedang berada pada tahap konsolidasi setelah sekian lama berada pada kondisi pandemi. Ada dua hal yang sedang dilakukan menurutnya, yaitu upaya vaksinasi Covid-19 secara massal dan kedua adalah upaya adaptasi kehidupan sosial. 

“Vaksinasi massal di berbagai negara tujuan ekspor memberikan potensi bagi pengembangan perdagangan di masa depan. Mudah-mudahan tingkat imunitas masyarakat dunia makin baik sehingga ekonomi kembali pulih,” kata Wamendag optimis.

Selain vaksinasi, Jerry melihat bahwa adaptasi yang terjadi juga berada pada jalur yang positif. Menurutnya, standar-standar kesehatan baru dalam kehidupan sosial sudah mulai menjadi mindset bersama. Dengan begitu, ekonomi tetap bisa berjalan di tengah upaya mencapai kesehatan publik.

Baca Juga: Ekonom Celios proyeksikan neraca perdagangan bulan Juni 2021 akan surplus

Selain melihat kondisi negara lain, Wamendag juga optimis dengan upaya Presiden Joko Widodo yang tengah menggenjot vaksinasi massal. Menurutnya, dengan tercapainya target herd immunity, gairah ekonomi nasional juga akan meningkat. Karena itu ia berharap semua pihak terus mendukung upaya pemerintah agar outbreak covid bisa segera diatasi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×