kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wamendag Jerry Sambuaga dorong agar komoditas rempah dan bumbu kembali berjaya


Jumat, 16 Juli 2021 / 15:44 WIB
Wamendag Jerry Sambuaga dorong agar komoditas rempah dan bumbu kembali berjaya
ILUSTRASI. Petugas menyortir cengkeh di Pusat Saintifikasi dan Pelayanan Jamu (PSPJ) Pekalongan, Jawa Tengah, Senin (6/7/2020). Wamendag Jerry Sambuaga dorong agar komoditas rempah dan bumbu kembali berjaya.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga melihat potensi rempah dan bumbu Indonesia untuk kembali Berjaya seperti dulu kala. Indonesia selama ribuan tahun memang dikenal sebagai penghasil rempah yang tersohor di seluruh dunia. 

Belanda yang menjajah Indonesia juga bisa mencapai kejayaan karena menguasai perdagangan rempah yang berasal dari berbagai kepulauan di Indonesia.

Menurut Wamendag, peluang kembali berjayanya rempah Indonesia itu sangat mungkin. Syaratnya harus ada dukungan yang kuat baik dari sisi produksi maupun perdagangan. Pihaknya di Kementerian Perdagangan (Kemendag) berharap kerja sama dari seluruh elemen dan kementerian serta lembaga untuk mencapai itu.

"Kebutuhan rempah sangat ditentukan oleh pola konsumsi masyarakat dunia itu sendiri. Jadi kita harus bisa menciptakan kebutuhan akan rempah Indonesia. Melalui promosi budaya dan masakan Indonesia misalnya. Atau melalui penelitian-penelitian yang mendukung konsumsi rempah Indonesia." kata Jerry dalam Seminar virtual Spice Up The World yang diadakan oleh Menkomarves Luhut Binsar Pandjaitan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Asosiasi pengusaha rokok dukung pemerintah tak merevisi PP 109/2012

Menurut Jerry, hal ini tidak lepas dari fakta bahwa rempah dan bumbu Indonesia yang diekspor banyak dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat Indonesia yang bermukim di luar negeri. 

Bagi Jerry, trend itu harus digeser agar rempah dan bumbu Indonesia bisa juga dinikmati secara luas oleh masyarakat dunia. Ia mencontohkan bagaimana makanan China, Thailand bahkan Vietnam mulai dikenal luas sehingga banyak bermunculan restoran-restoran khas dari negara-negara tersebut. Indonesia menurutnya mempunyai potensi yang sangat besar. 

Bukan hanya di sektor makanan dan kuliner, sebenarnya banyak rempah dan bumbu Indonesia yang bisa menjadi bahan untuk industri farmasi dan kecantikan. Banyak sekali irisan penggunaan produk bumbu dan rempah Indonesia yang juga bisa dimanfaatkan untuk bidang-bidang tersebut. Artinya, menurut Jerry peluang untuk meningkatkan ekspor bumbu dan rempah Indonesia masih sangat terbuka lebar.

Kemendag saat ini sudah melakukan berbagai hal dalam upaya meningkatkan ekspor rempah dan bumbu Indonesia, antara lain memetakan potensi pasar, melakukan promosi dan memperkuat dukungan logistik, perizinan dagang dan lain-lain. 

Baca Juga: Kemenperin: IKM makanan dan minuman berpotensi besar penuhi pasar lokal dan ekspor




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×