kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Update Terkini Survei Litbang Kompas, Pendukung Ganjar Lari ke Prabowo dan Anies


Kamis, 13 April 2023 / 03:05 WIB
Update Terkini Survei Litbang Kompas, Pendukung Ganjar Lari ke Prabowo dan Anies
ILUSTRASI. Ilustrasi Calon Elektabilitas Calon Presiden 2024


Reporter: kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei Litbang Kompas mencatat kemungkinan berpindahnya dukungan terhadap Ganjar Pranowo kepada Prabowo Subianto dan Anies Baswedan dalam kontestasi kandidat Pemilu Presiden 2024. 

Hal tersebut merujuk kepada Survei Litbang Kompas akhir Januari hingga awal Februari 2023 yang memperlihatkan bahwa dukungan terhadap Ganjar sebelum polemik penolakannya terhadap kedatangan Timnas U-20 Israel diperkirakan berada di rentang 25,3-37 persen. 

Melansir pemberitaan Kompas.id, Rabu (12/4/2023) yang dikutip Kompas.com, pendukung Ganjar tersebut jika dipilah terbentuk dari kekuatan pendukung yang bersifat loyal (strong voter) yang dalam survei ini diperkirakan sebesar 13,9-18,2 persen. Dengan demikian, barisan swing voter yang mudah berpindah diperkirakan sebesar 11,4-18,8 persen. 

Barisan pendukung Ganjar yang tergolong swing voter inilah yang mungkin mengalihkan dukungannya kepada kandidat calon presiden lain. 

Baca Juga: Diisukan Dapat Restu Megawati Jadi Calon Presiden dari PDIP, Begini Respons Ganjar

Sejalan dengan hal itu, dukungan kepada Ganjar diperkirakan hanya akan menyisakan para strong voter atau yang tetap setia mendukung pencapresan Ganjar. 

Apabila Ganjar hanya bertahan dengan mengandalkan para pendukung loyal, diperkirakan akan sulit baginya berada di jajaran papan atas pencapresan. 

Terlebih, potensi tergerusnya suara para swing voter Ganjar akan diikuti pula oleh peningkatan dukungan terhadap para pesaing terdekatnya, khususnya Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. 

Prabowo Subianto tampaknya menjadi sosok yang paling banyak mendapatkan limpahan dukungan dari para pemilih. 

Dari 11,8-18,8 persen pendukung Ganjar yang berpotensi beralih, sebagian besarnya diprediksi beralih ke Prabowo (5,9-9,2 persen). 

Selain ke Prabowo, mereka juga diprediksi beralih ke Anies Baswedan. Berdasarkan hasil survei ini, tercatat 3,1-6,3 persen reponden pemilih Ganjar berencana mengalihkan dukungannya kepada Anies. Sisanya, 2,4-3,3 persen belum tahu kepada siapa dukungan akan diberikan. 

Potensi perubahan yang terjadi membuat peluang Ganjar untuk menguasai lebih banyak lagi dukungan politik menjadi cukup rawan. 

Apalagi, jika ditelisik lebih jauh, berdasarkan hasil survei, kalangan yang berpotensi berpaling dari Ganjar terkonsentrasi pada kelompok masyarakat yang dalam karakteristik identitas sosial ataupun ekonomi merupakan basis pendukungnya selama ini. 

Baca Juga: Survei LSI: Elektabilitas Ganjar Pranowo Turun dalam 3 Bulan Terakhir

Becermin pada hasil survei, pendukung terbesar Ganjar merupakan kalangan muda dari sisi usia, khususnya mereka yang terkategorikan sebagai generasi Z. Sepertiga bagian (37,2 persen) dari total pendukung Ganjar berasal dari kalangan berusia kurang dari 26 tahun. 

Namun, kalangan ini pulalah yang paling besar kemungkinannya untuk berpaling dari Ganjar. Dibandingkan dengan para pemilih loyal generasi Z, proporsi pemilih generasi Z yang tergolong swing voter relatif lebih tinggi (42,1 persen). 

Sementara itu, kelompok generasi lain tergolong stabil. Sedemikian tingginya potensi generasi Z yang berpaling menjadi titik paling rawan dari konfigurasi pendukung Ganjar. 

Apalagi, jika ditelusuri lebih jauh, kondisi demikian semakin tampak jelas pada kelompok usia lebih muda, khususnya kelompok pemilih Ganjar berusia kurang dari 23 tahun atau kalangan yang tergolong sebagai pemilih pemula dalam Pemilu 2024. 

Baca Juga: Survei LSI: Elektabilitas Prabowo dan Anies Meningkat, Ganjar Pranowo Melorot

Pada sisi lain, potensi kehilangan dukungan juga dapat terjadi pada kalangan pemilih Ganjar yang secara sosial terbilang berada pada stratifikasi atas masyarakat. 

Dalam hal ini, pendukung Ganjar yang terkategorikan berpendidikan tinggi relatif lebih banyak yang bersifat swing voter. Berdasarkan hasil survei, tercatat 17,1 persen dari keseluruhan pendukungnya berpendidikan tinggi yang tergolong rawan berpindah. 

Proporsi tersebut di atas rata-rata dari keseluruhan pendukung Ganjar yang berpendidikan tinggi. Di samping pada kedua kelompok sosial di atas, Ganjar akan berhadapan pula dengan potensi beralihnya dukungan kalangan berlatar belakang politik yang sejalan dengannya. 

Dari sisi pilihan partai politik, misalnya, bagian terbesar (40,2 persen) dari para pendukung Ganjar berasal dari pemilih PDI-P. Sisanya berasal dari para pemilih partai politik lain, seperti Partai Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PKB. 

Jika dipilah berdasarkan kadar loyalitas dukungannya, cukup besar pula pendukung Ganjar yang berasal dari PDI-P terbilang kurang loyal. 

Tidak kurang mengkhawatirkan, potensi beralihnya para pendukung Ganjar pun dapat terjadi dari mereka yang tercatat sebagai pemilih Demokrat, PKS, dan Nasdem, tiga partai yang sudah berkoalisi mendukung Anies sebagai capres.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Litbang Kompas: Pemilih Ganjar Berpotensi Pindah ke Prabowo dan Anies", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2023/04/12/20030741/survei-litbang-kompas-pemilih-ganjar-berpotensi-pindah-ke-prabowo-dan-anies.

Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Icha Rastika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×