kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anies Belum Raih Dukungan Optimal dari Simpatisan Jokowi Versi Survei Litbang Kompas


Senin, 13 Maret 2023 / 14:25 WIB
Anies Belum Raih Dukungan Optimal dari Simpatisan Jokowi Versi Survei Litbang Kompas
ILUSTRASI. Bakal Calon Presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan (tengah) menyampaikan pidato kebangsaan di Tarumajaya, Kabupaten Bekasi,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Litbang Kompas pada Januari 2023 merekam nama mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, belum dapat dukungan optimal dari kelompok responden simpatisan Presiden Joko Widodo.

Tercatat, tingkat dukungan elektoral Anies di mata pendukung Jokowi relatif masih rendah, yakni kurang dari 10 persen. Angkanya bahkan cenderung menurun dari survei bulan Januari 2022 dibanding survei Januari 2023.

"Nama Anies Baswedan yang dalam survei Litbang Kompas menempati tiga besar sosok bakal calon presiden yang diminati publik selain Ganjar dan Prabowo, belum mendapatkan dukungan optimal dari kelompok responden simpatisan Jokowi," kata peneliti Litbang Kompas, Yohan Wahyu, dikutip dari Kompas.id, Senin (13/2/2023).

Baca Juga: Pendukung Jokowi Banyak Tertuju ke Ganjar dan Prabowo Mengacu Survei Litbang Kompas

Kelompok responden Jokowi justru lebih banyak ke nama dua orang lainnya, yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Kendati begitu, dukungan pemilih Jokowi kepada Prabowo tidak sebesar kepada Ganjar, yakni hanya sebesar 15 persen, nama menteri pertahanan itu relatif stabil di bawah Ganjar.

"Selain Ganjar, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memiliki kecenderungan yang sama. Artinya, preferensi pilihan politik dari simpatisan Jokowi relatif lebih banyak tertuju kepada Ganjar dan Prabowo," tutur Yohan Wahyu.

Menurut Yohan, hal ini semakin menjelaskan banyak spekulasi yang mengarah pada dua nama tokoh sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

Apalagi, sejumlah pihak memandang kedua nama ini sebenarnya sudah masuk dalam radar dukungan dan restu Jokowi untuk menjadi sosok yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan kepresidenan lima tahun ke depan.

Sebagai tambahan, momen akrab antara Presiden Jokowi bersama Ganjar dan Prabowo saat meninjau panen raya di ladang sawah Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, turut menjadi sorotan publik.

Banyak pihak kemudian meyakini pertemuan akrab ketiganya sebagai sinyal politik Jokowi untuk mendukung pasangan Ganjar-Prabowo dalam Pilpres 2024.

"Jika sinyal tersebut benar, hasil survei sebenarnya makin terkonfirmasi. Arah dukungan Jokowi ke Ganjar dan Prabowo memang lebih dekat ke arah preferensi dari para pendukung Jokowi yang lebih banyak memberikan dukungan kepada Ganjar dan Prabowo," tutur dia.

Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo 60,2% vs Anies Baswedan 39,8% Versi Litbang Kompas

Sebagai informasi, survei periodik melalui wawancara tatap muka ini diselenggarakan Litbang Kompas pada 25 Januari - 4 Februari 2023. Sebanyak 1.202 responden dipilih secara acak melalui metode pencuplikan sistematis di 38 provinsi di Indonesia.

Menggunakan metode ini pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ± 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. Meski demikian, kesalahan di luar pemilihan sampel dimungkinkan terjadi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Litbang "Kompas": Anies Baswedan Belum Dapat Dukungan Optimal dari Simpatisan Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×