kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

UMKM Asal Bekasi Ini Berhasil Tingkatkan Penjualan Lewat Platform Shopee


Minggu, 30 Mei 2021 / 10:42 WIB
UMKM Asal Bekasi Ini Berhasil Tingkatkan Penjualan Lewat Platform Shopee


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Sektor perekonomian Indonesia saat ini ditopang pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan menjalankan transformasi digital dan memanfaatkan e-commerce untuk genjot penjualan.

Guna mendukung bisnis UMKM tersebut, Shopee memperkuat kemitraan. Dengan kemitraan tersebut diharapkan bisa mendorong peningkatan perekonomian di Indonesia.
Salah satu mitra yang digandeng Shopee yakni UMKM asal Bekasi, IndoPowder. Bersama Shopee, IndoPowder berhasil mengembangkan bisnis penyuplai bubuk minuman berkualitas.

Heilman Yunansyah, Pemilik IndoPowder mengatakan setelah bergabung menjadi seorang penjual di Shopee, terjadi perubahan positif yang cukup signifikan untuk bisnis toko IndoPowder nya. Hal ini dapat tercapai dengan adanya dukungan penuh yang diberikan oleh Shopee kepada Heilman, mulai dari berbagai kampanye yang diadakan, hingga beberapa program yang khusus dirancang agar para penjual bisa sukses bersama dengan Shopee.

“Berbagai kampanye tanggal cantik dan juga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mempunyai peran penting dalam peningkatan penjualan toko IndoPowder. Terutama saat kampanye besar seperti pada Ramadan Food Fair, yang bisa membantu meningkatkan penjualan hingga 30% dibandingkan dengan hari-hari biasanya,” kata Heilman.

Selain itu, di Shopee terdapat pula program JBP (Joint Business Planning) yang berfokus pada penentuan dan perencanaan target jangka panjang bagi para penjual. Melalui program ini, saat periode kampanye 4.4, IndoPowder telah berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 500% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Situasi pandemi turut memberikan dampak kepada bisnis IndoPowder, dimana penjualan toko sempat menurun drastis yang memaksa Heilman untuk dapat beradaptasi dengan keadaan. Dengan adanya tren berbelanja online oleh masyarakat Indonesia selama masa pandemi, Heilman melihat keadaan ini sebagai kesempatan untuk semakin memperkuat bisnisnya secara online di Shopee. Heilman pun menyiasatinya dengan memutar otak membuat strategi penjualan baru, seperti dengan penambahan beberapa varian serta pembuatan size packaging baru, hingga mengikuti berbagai kampanye yang Shopee tawarkan. Alhasil, usaha yang ia lakukan untuk mempertahankan bisnis IndoPowder akhirnya berbuah manis

“Dibandingkan dengan e-commerce lain, penjualan IndoPowder di Shopee sudah mencapai hampir dua hingga tiga kali lipatnya, baik dari sisi jumlah penjualan maupun omzet yang didapatkan. Tak hanya itu, toko IndoPowder juga sudah mendapatkan level Star Plus dengan jumlah total 87.000 pengikut,” jelasnya.

Heilman optimis bahwa dengan bantuan Shopee, dalam kurun waktu dua sampai tiga tahun ke depan IndoPowder bisa menjadi salah satu market leader untuk penjualan produk bubuk minuman. Dapat menjangkau pulau-pulau terpencil di Indonesia seperti Papua, merupakan impian selanjutnya dari Heilman bagi IndoPowder.

Ia juga berpesan kepada para pelaku UMKM lokal diluar sana yang sama-sama sedang merintis bisnis, untuk selalu dapat melihat peluang dari setiap masalah yang sedang dihadapi. Contohnya di masa pandemi seperti sekarang ini, tren berbelanja online yang sedang meningkat dapat dijadikan peluang untuk merambah ke dunia online dan memasarkan produk secara digital.

“Tentunya hal ini dapat diwujudkan dengan cara bergabung menjadi penjual di Shopee, salah satu e-commerce terdepan di Indonesia dengan jutaan pelanggan setia,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×