kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tol Solo-Kertosono mulai konstruksi


Sabtu, 28 Juli 2012 / 09:36 WIB
Tol Solo-Kertosono mulai konstruksi


Reporter: Dina Farisah | Editor: Edy Can

JAKARTA. Proyek jalan tol Solo-Ngawi-Kertosono masih berkutat pada masalah pembebasan lahan. Saat ini, pembebasan lahan proyek tersebut sudah mencapai 60%.

Kendati, pembebasan lahan belum kelar 100%, pemerintah sudah mulai melakukan konstruksi proyek jalan tol sepanjang 179 kilometer (km) itu.Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto mengatakan, tahun ini, pemerintah akan mulai melakukan pembangunan konstruksi proyek jalan tol itu secara perlahan-lahan.

Proyek jalan tol Solo-Kertosono terbagi dalam dua ruas, yakni Solo-Mantingan-Ngawi sepanjang 90 km, serta ruas jalan tol Ngawi-Kertosono sepanjang 89 km.
Djoko menuturkan, pengerjaan tol Solo-Kertosono merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan PT Thiess Construction Indonesia. Pemerintah akan mengerjakan 60 km dan sisanya dikerjakan oleh PT Thiess.

Sembari menunggu proses pembebasan lahan tuntas, pemerintah akan mulai membangun konstruksi jalan tol itu, dimulai dari ruas Solo-Ngawi. "Tahun ini sudah dianggarkan Rp 1 triliun untuk pembangunan fisik," kata Djoko, Jumat (27/7).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PU Achmad Gani Gazaly menambahkan, sampai saat ini, investor swasta belum mengerjakan fisik ruas tol Solo-Ngawi. PT Thiess Construction Indonesia baru mulai bekerja jika pembebasan lahan sudah rampung per seksi.

Untuk pembebasan lahan, ruas Solo-Ngawi dibagi dalam empat seksi. Seksi I, proses pembebasan lahan sudah mencapai 63%, seksi II sudah 64%, seksi III mencapai 66%, dan seksi IV mencapai 78%.

Gani menjelaskan dari empat seksi tersebut, yang menjadi tanggung jawab pemerintah adalah seksi I dan sebagian seksi II. Selain menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), pembiayaan proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi itu juga akan didukung perbankan.

Tapi, sejauh ini belum ada bank yang memberi kredit, sebab pembebasan lahan proyek tersebut belum tuntas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×