kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Thomas Lembong mendapat penghargaan medali diplomatik tertinggi dari Korea Selatan


Selasa, 08 Desember 2020 / 13:34 WIB
Thomas Lembong mendapat penghargaan medali diplomatik tertinggi dari Korea Selatan


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mantan Menteri Perdagangan dan mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mendapat penghargaan Gwanghwa Medal dari Pemerintah Korea Selatan.

Penghargaan diberikan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung kepada Thomas Lembong di aula Kedutaan Besar Korea Selatan, Selasa (8/12).

Penghargaan Gwanghwa Medal ini merupakan medali diplomatik tertinggi yang diberikan Pemerintah Korea Selatan kepada warga negara asing yang telah berjasa meningkatkan hubungan bilateral dengan Korea Selatan.

Duta Besar Park Tae-sung mengapresiasi Thomas Lembong, sebagai pejabat periode pertama kabinet Presiden Joko Widodo yang telah membantu suksesnya kunjungan kedua kepala negara saat saling mengunjungi ke Korea Selatan dan Indonesia. Serta dukungan yang diberikan kepada perusahaan-perusahaan Korea Selatan seperti C.J., Posco, Lotte Chemical dan Hyundai Motor Asia Pacific dalam perluasan bisnis mereka ke Indonesia.

Baca Juga: BKPM sambut investasi CJ Indonesia sebesar US$ 150 Juta

Thomas Lembong menanggapi penghargaan Gwanghwa Medal untuknya dengan apresiasi yang tinggi. Ia mengatakan, hubungan yang amat hangat dan produktif yang telah terbangun dengan begitu banyak kawan di Korea Selatan, menjadi sebuah kebanggaan tersendiri.

Thomas juga mengatakan, penghargaan Gwanghwa Medal ini akan menjadi motivasi untuk terus mendedikasikan tenaga, perhatian dan waktunya untuk membantu negara-negara mitra dalam menjalin hubungan dengan Indonesia, dan sebaliknya mengembangkan jaringan Indonesia ke negara-negara mitra tersebut.

Indonesia adalah satu-satunya negara yang telah menjalin hubungan kemitraan strategis khusus dengan Korea Selatan.

Di bidang perdagangan Korea Selatan merupakan negara mitra dagang ke-6 bagi Indonesia dan Indonesia adalah negara mitra dagang ke-15 bagi Korea Selatan.

Sampai saat ini kerjasama bilateral tetap berlanjut dan diperkuat. Khususnya pada tahun ini, meskipun masih berada di dalam pandemi Covid-19, kedua negara tetap bekerjasama secara nyata seperti kerjasama penanganan Covid-19 dan kesepakatan pengaturan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk mengizinkan perjalanan para tenaga kerja esensial termasuk pebisnis.

Upacara penyerahan penghargaan medali ini dilakukan secara minimal karena Covid-19. Acara tersebut dihadiri dari kalangan pelaku bisnis Korea Selatan (CJ CGV, Hyundai Motor Asia Pacific, LG International Indonesia, Lotte Chemical, Posco, Bank KEB Hana), Presiden Asosiasi Korea di Indonesia Park Jae Han, Vice-President KOCHAM Kang-Hyun Lee.

Kemudian, President Director KOTRA Lee Jongyoon, Vice-Chairman Sinar Mas Gandi Sulistiyanto, mantan Duta Besar Indonesia untuk Korea John Prasetio, Korps Diplomatik dan lain-lain.

Selanjutnya: BKPM sebut pemberlakuan IE-CEPA bisa dorong investasi dari negara EFTA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×