kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,31   14,00   1.54%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Target PNBP 2014 Kemeninfo naik jadi Rp 13 triliun


Senin, 30 September 2013 / 14:39 WIB
Target PNBP 2014 Kemeninfo naik jadi Rp 13 triliun
ILUSTRASI. FILE PHOTO - The logo of free messaging app Line is pictured on a smartphone in this photo illustration taken in Tokyo, Japan September 23, 2014. REUTERS/Toru Hanai/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD PACKAGE


Reporter: Asep Munazat Zatnika | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Pemerintah dan Badan Anggaran (Banggar) DPR-RI, setuju untuk meningkatkan target Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemeninfo). Dalam nota keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2014, target PNBP Kemeninfo sebesar Rp 11,5 triliun. Sekarang targetnya dinaikan jadi Rp 13 triliun.

Kemeninfo sebelumnya sudah mengajukan peningkatan targetnya menjadi Rp 12,375 triliun. Namun dinilai oleh anggota Banggar masih terlalu kecil, sehingga meminta Kemeninfo meningkatkan lagi.

Selanjutnya, Direktur Jenderal Sumberdaya Pos dan Perangkat Informatika Muhammad Budi Setiawan setuju untuk menambah target. "Kami akan coba tingkatkan semaksimal mungkin menjadi Rp 13 triliun," ujarnya di gedung DPR, Senin (30/9).

Adapun target PNBP itu akan ditambah dari hasil lelang ijin 3G yang telah dimenangkan oleh operator seluler XL dan Axis. Hasil lelang itu akan dikembalikan ke negara, setelah kedua operator melakukan merger. Nantinya ijin 3G tersebut akan kembali dilelang oleh Kemeninfo.

Nah, hasilnya akan dimasukan sebagai PNBP tambahan. Dengan catatan, lelangnya berhasil. Meski begitu, Budi menjelaskan dirinya pesimistis bisa dicapai. "Hal itu (penambahan) bisa tercapai kalau lelangnya berhasil," ujarnya.

Sementara itu, ketua Banggar Ahmadi Noor Suit berharap, Pemerintah bisa mencapai target PNBP tersebut. Menurutnya, kalau Pemerintah serius seharusnya bisa meningkatkan PNBP dari jasa telekomunikasi. Apalagi, pengguna informasi selalu meningkat setiap tahunnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×