kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah tahu belum, HP harus dimasukkan ke SPT?


Jumat, 15 September 2017 / 15:41 WIB
Sudah tahu belum, HP harus dimasukkan ke SPT?


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Akun Twitter resmi Direktorat Jenderal Pajak membuat kehebohan di media sosial sejak kemarin, Kamis (14/9). Akun @DitjenPajakRI mengingatkan agar para wajib pajak melaporkan telepon genggam atau handphone (HP) ke dalam Surat Pelaporan Harta Tahunan (SPT) Pajak.

"Lagi heboh smartphone yang baru rilis ya? Ingat, tambahkan smartphone di kolom harta SPT Tahunan ya. ߑŒ #SadarPajak," demikian tweet dari @DitjenPajakRI.


Sontak, postingan ini langsung mendapat tanggapan beragam dari netizen. Ada yang meminta penjelasan, ada yang menilai hal itu tidak masuk akal, ada pula yang menanggapinya dengan gurauan.

Akun @elfianwidy, misalnya, mempertanyakan peraturan ini. "Bukannya ketika barang elektronik import ketika beredar di wilayah RI sudah dibebankan pajak ketika kita membeli??" tanyanya.

Hal ini ditanggapi langsung oleh admin @DitjenPajakRI. Menurut sang admin, perlakuan di SPT Tahunan hanya mengisi kolom harta, tidak ada tambahan pembayaran pajak lagi.

Namun banyak juga netizen yang belum paham mengenai hal ini. Mereka mengira, melaporkan SPT sama dengan membayar pajak lagi.

@Kei_chi1:

Jadi percuma dong kalau beli hp tv kulkas dll kita bayar pajak...Padahal udah ada pajak pembelian... itu dikemanain yah??

@dekapansenja:

Sepertinya setelah ini saya akan jual hp saya dan mulai menggelandang

@mrshananto:

Min masa HP masuk harta min? ߘ­ Di finplan HP gak dianggap harta, bentar jg ganti. Tas yg 350juta baru dicatat harta.

Sedangkan akun @Pertiwimutiad, menanggapi tweet dari Dirjen Pajak ini dengan gurauan.

"Daku mah apa henpon ganti android juga bekas dr org di laporin juga nih? Harta aku paling berharga cuma keluarga," kata @Pertiwimutiad.

Seperti biasa, admin Pajak pun menanggapinya dengan gurauan pula. "Da kalau harta yang paling berharga adalah keluarga, kepala keluarga harus masukkan anggota keluarganya di kolom ini di SPT."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×