kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sudah seminggu gas elpiji 3 kg langka di Ciamis


Selasa, 30 September 2014 / 20:07 WIB
Sudah seminggu gas elpiji 3 kg langka di Ciamis
ILUSTRASI. Tips Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Gigi Saat Berpuasa


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

CIAMIS. Kelangkaan gas elpiji tabung 3 kilogram (kg) di Ciamis terus berlanjut. Seperti yang dialami warga Sadananya, dalam seminggu terakhir mereka kesulitan mendapatkan gas elpiji 3 kg.

Warga terpaksa mencari sampai ke Ciamis Kota, dengan harga yang sudah melambung sampai Rp 20.000 per tabung.

"Tiap hari ada saja warga yang menanyakan gas 3 kg tapi tak bisa dilayani. Sudah seminggu ini saya tidak mendapat pasokan gas," ujar A Firman (30), pemilik pangkalan gas 3 kg Agrinjaya di Jalan Raya Sadananya, Dusun Cibiru Desa, Kecamatan Sadananya, Senin (29/9).

Dalam kondisi normal, kata Firman, setiap dua hari sekali ia mendapat jatah 100 tabung gas elpiji 3 kg. "Tapi dalam seminggu ini saya tidak mendapat jatah sama sekali. Bayangkan dalam seminggu stok kosong, pelanggan saya terpaksa mencari kemana-mana, bahkan sampai ada yang langsung beli ke agen di Ciamis Kota. Kalau pun ada di warung eceran di Sadananya, harganya Rp 20.000 per tabung. Padahal saya biasanya menjual dengan harga normal, hanya Rp 16.000 per tabung," katanya.

Terhentinya pasokan gas 3 kg selama seminggu terakhir, menurut Firman, karena terjadi antrean panjang di stasiun pengisian tabung di SPBE.

Namun Firman mengatakan kelangkaan pasokan gas elpiji 3 kg juga akibat banyaknya warung makanan yang selama ini menggunakan gas elpiji 12 kg beralih ke gas elpiji tabung 3 kg.

"Atau mungkin saja ada pihak-pihak yang mencoba menimbun gas 3 kg. Nggak lucu juga, ada rumah tangga yang beli langsung gas 3 kg langsung ke agen tapi bawa 5 sampai 10 tabung sekaligus," katanya.

Sementara itu gas elpiji stok 12 kg, justru tidak terserap konsumen dan banyak ditemukan di agen-agen, salah satunya agen di Jalan Sudirman, Ciamis.

"Setiap hari saya dapat drop dua truk gas elpiji 12 kg. Tiap truknya mengangkut 230 tabung," tutur H Tatang, pengelola Agen Gas Elpiji Petalagas, Senin siang kemarin.

Sejak harga gas elpiji tabung 12 kg naik dari Rp 95.000 per tabung jadi Rp 113.000 per tabung, kata H Tatang, permintaan gas elpiji tabung 12 kg terus berkurang.

"Dalam kondisi normal sebelum kenaikan harga, seluruh pasokan terserap di tingkat pangkalan nyaris tidak ada yang tersisa. Sekarang setelah terjadi kenaikan harga, daya serap berkurang sekitar 25 persen. Setiap hari selalu ada tabung yang tersisa, rata-rata 100 tabung per hari," katanya.

H Tatang memperkirakan menurunnya daya serap pasar gas tabung 12 kg akibat terjadi kenaikan harga yang memicu konsumen beralih ke gas elpiji 3 kg.

Yang cukup menarik, ujar H Tatang, selain ada kebijakan kenaikan harga, pasokan gas elpiji 12 kg ke tingkat agen juga dikurangi. (sta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×