kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45929,13   1,49   0.16%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sri Mulyani: Pembiayaan Lahan Tol Jogja-Solo-YIA Kulon Progo Rp 5,9 Triliun dari APBN


Senin, 27 Februari 2023 / 13:14 WIB
Sri Mulyani: Pembiayaan Lahan Tol Jogja-Solo-YIA Kulon Progo Rp 5,9 Triliun dari APBN


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - SOLO. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, anggaran total yang dikeluarkan pemerintah untuk pembangunan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo dari sisi pembebasan lahan sepanjang 96,57 km telah mencapai Rp 5,9 triliun.

“Dari sisi pembebasan lahan saja yang menggunakan APBN pembiayaan untuk pembebasan utama Jalan Tol Solo - Yogyakarta - YIA Kulon Progo yang hari ini kita lihat mencapai Rp 5,9 triliun,” tutur Sri Mulyani dalam Konferensi Pers, Senin (27/2).

Adapun Sri Mulyani menjelaskan, pembangunan tol tersebut, selain telah mengeluarkan anggaran Rp 5,9 triliun untuk pembebasan lahan, tetapi juga memberikan dukungan APBN melalui penyertaan modal negara (PMN) dari APBN ke BUMN PT Adhi Karya yaitu sebesar Rp 1,4 triliun, untuk pembangunan konstruksi jalan tol.

“Jadi harus ada kontrak kinerja mengenai proyek di mana lokasinya dan berapa anggarannya sehingga kita bisa juga bersama Kementerian BUMN melakukan monitoring,” jelasnya.

Baca Juga: Modal Asing Mengalir Keluar dari Pasar Domestik Sepekan Terakhir

Selain itu, bendahara keuangan negara ini juga mengatakan, dalam pengerjaan proyek ini tentunya penjaminan terhadap berbagai risiko melaksanakan sebuah proyek strategis nasional yang melewati berbagai lokasi dan tempat kediaman penduduk dan kegiatan ekonomi seperti persawahan.

karena memiliki kerumitan tersendiri, oleh karena itu dibuat suatu penjaminan agar proyek ini bisa berjalan tepat waktu, tepat kualitas, tepat biaya. Penjaminan ini dilakukan melalui penjaminan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia itu, di bawah Kementerian Keuangan yang juga mendapatkan anggaran dari APBN.

“Saya juga berterima kasih kepada Menteri PUPR dan BUMN yang bisa menyelesaikan secara berkualitas proyek ini. Kami tentu akan terus melaksanakan dan memonitor berbagai penggunaan uang dan PMN, terutama yang memang betul-betul bisa disampaikan kepada masyarakat sebagai bentuk akuntabilitas pengelola,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×