kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinergi Shopee dan Pemerintah Hadirkan Kampus UMKM Shopee Makassar


Rabu, 18 Mei 2022 / 20:25 WIB
Sinergi Shopee dan Pemerintah Hadirkan Kampus UMKM Shopee Makassar


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Sulawesi Selatan terus meningkat, terutama sejak pandemi Covid-19. Berdasarkan data Dinas Koperasi dan UMKM Sulawesi Selatan, pada 2019 ada 944.279 usaha. Pada 2020, jumlahnya bertambah menjadi 1.262.952 usaha dan pada akhir Desember 2021, tercatat ada 1.565.134 UMKM di Sulawesi Selatan.

Di era digital seperti saat ini, UMKM perlu memiliki keterampilan bisnis digital agar mampu meningkatkan daya saing serta memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia. Dengan tujuan mempercepat pengembangan bisnis UMKM di Sulawesi Selatan, khususnya di Makassar dan sekitarnya, Shopee bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menghadirkan Kampus UMKM Shopee Makassar.

Fasilitas dan layanan gratis

Kampus UMKM Shopee Makassar yang berlokasi di Jl. A. P. Pettarani No. 49, Masale, Panakkukang, Makassar, ini menjadi kampus pertama di Sulawesi, sekaligus kampus Shopee ke-9 di Indonesia. Para pelaku UMKM dapat menggunakan berbagai fasilitas dan layanan di kampus ini secara gratis, antara lain pelatihan intensif yang diberikan oleh trainer Shopee terdedikasi.

Pelatihan tersebut meliputi kelas pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee. Para trainer Shopee juga siap memberikan pendampingan bisnis pada pelaku UMKM.

Selain itu, di Kampus UMKM Shopee Makassar para pelaku UMKM dapat memakai fasilitas pengembangan usaha seperti studio foto, ruang live streaming, ataupun berbagai fasilitas penunjang seperti ruang pertemuan, pusat edukasi dan simulasi sistem gudang, serta area pameran produk.

“Hadirnya Kampus UMKM Shopee Makassar ini sangat membantu kami dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan memberikan inspirasi bagi para UMKM.

Harapannya, kampus ini dapat mendorong peningkatan standar para pelaku UMKM, baik dari sisi packaging, mutu dan kualitas, serta sistem pemasaran, sehingga mereka bisa naik kelas,” ujar Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman saat meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar pada Rabu (18/5).

One-stop service

Head of Government Affairs Shopee Indonesia Ade Mulya yang ikut meresmikan Kampus UMKM Shopee Makassar mengungkapkan, kehadiran Kampus UMKM Shopee Makassar semakin menegaskan komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM yang telah mendukung puluhan ribu UMKM naik kelas di berbagai daerah di Indonesia.

“Kami berharap kampus ini dapat menjadi one-stop service bagi para pelaku UMKM di Provinsi Sulawesi Selatan agar lebih memahami dan merasakan manfaat digitalisasi untuk

perkembangan bisnisnya secara optimal,” ujar Ade.

Melalui ekosistem bisnis digital, UMKM di Sulawesi Selatan diharapkan dapat memasarkan produk-produknya ke seluruh Indonesia, meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian daerah, serta memperbanyak lapangan kerja.

“UMKM memiliki peran vital dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Ini menjadi

alasan kami untuk terus mendukung perkembangan UMKM melalui akses digitalisasi. Kampus UMKM Shopee Makassar ini ke depannya diharapkan dapat menjadi solusi bagi para pelaku UMKM yang ingin memperluas jangkauan bisnisnya secara digital,” tutup Ade.

UMKM Sulawesi Selatan dapat dengan mudah mengikuti berbagai program di Kampus UMKM Shopee Makassar dengan mendaftarkan diri melalui link DI SINI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×