kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siapkan paket obat gratis untuk pasien isolasi mandiri, Kemenkes gandeng 11 platform


Senin, 05 Juli 2021 / 11:39 WIB
Siapkan paket obat gratis untuk pasien isolasi mandiri, Kemenkes gandeng 11 platform
ILUSTRASI. Siapkan paket obat gratis untuk pasien isolasi mandiri, Kemenkes gandeng 11 platform


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng 11 platform telemedicine atau konsultasi kesehatan virtual untuk pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. 

"Kita melakukan layanan telemedicine karena kalau sekarang harus datang ke rumah sakit, konsultasi dengan dokter akan susah karena akan menambah risiko," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dalam konferensi pers, Senin (5/7/2021). 

Beberapa platform yang bekerja sama dengan Kemenkes antara lain, Get Well, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, Klik Go, Link Sehat, Pro Sehat, dan Yesdok. 

Budi mengatakan, layanan telemedicine tersebut tidak hanya berupa konsultasi dengan dokter, melainkan juga pengiriman paket obat bagi pasien Covid-19 dengan gejala ringan. 

Baca Juga: Kemenag terbitkan instruksi pemanfaatan asrama haji sebagai tempat isolasi Covid-19

"Semua ini diberikan secara gratis sebagai kontribusi dari 11 platform telemedicine dan obat-obatannya dilakukan juga dari Kementerian kesehatan. Semuanya akan dilakukan berbasis digital," ujarnya.

Menurut Budi, layanan telemedicine tersebut juga terintegrasi dengan laboratorium PCR di seluruh Indonesia, sehingga pasien dapat melakukan pemeriksaan.  Layanan telemedicine akan diuji coba di DKI Jakarta pada 6 Juli 2021 dan bekerja sama dengan Dinkes DKI. 

"Dengan layanan telemedicine ini semua pasien COVID-19 yang terkonfirmasi positif bisa mendapatkan akses dan layanan medis tepat waktu tanpa perlu mengantre di RS," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenkes Gandeng 11 Platform Telemedicine, Paket Obat Gratis untuk Pasien Isolasi Mandiri"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Kristian Erdianto

Selanjutnya: Kominfo integrasikan aplikasi PeduliLindungi buat pendataan vaksinasi penumpang udara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×