kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,43   -7,06   -0.76%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setelah BUMN Berperan di Kala Pandemi, Giliran Swasta Ambil Peran Saat Pemulihan


Jumat, 08 April 2022 / 17:29 WIB
Setelah BUMN Berperan di Kala Pandemi, Giliran Swasta Ambil Peran Saat Pemulihan
ILUSTRASI. Warga keluar dari mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) usai melakukan transaksi di halaman kantor Bupati Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (31/5/2021). H ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/hp.


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Dunia pada Rabu (6/4) memposting tulisan di blognya, terkait peran BUMN global dalam penanganan pandemi Covid-19. Apakah BUMN berperan atau cuma jadi tambahan beban pemerintah?

Dalam artikel itu Bank Dunia menyebut PLN di Indonesia memberikan subsidi  listrik kepada 30 juta masyarakat Indonesia. Ini bagian dari amanah dan penugasan yang diberikan negara ke PLN 

Selama ini Bank Dunia selalu memposisikan sebagai lembaga yang mengkritisi peran  BUMN dalam penanganan pandemik Covid-19.  Poppy Sulistyaning Winanti, Dosen pengajar di Departemen Ilmu Hubungan Internasional  Universitas Gadjah Mada (UGM) menyatakan, di negara berkembang seperti Indonesia, peran BUMN dalam mendukung program negara sangat besar. 

Berbeda dengan peran perusahaan BUMN di negara maju yang mengedepankan sektor swasta dalam penanganan Covid-19. Di saat pandemi Covid-19 melanda Indonesia, negara dan masyarakat tidak bisa mengharapkan peran lebih dari perusahaan swasta. Selain mereka terkena dampak, swasta juga memiliki banyak keterbatasan dalam menanganai pandemik Covid-19.

"Sehingga peran BUMN sangat diharapkan. BUMN memegang peran sebagai kepanjangan tangan negara dalam hadir disaat pandemi Covid-19. Perusahaan BUMN mengambil peran yang tak bisa dilakukan sektor swasta,” ungkap Poppy, dalam keterangan tertulis, Jumat (8/4). 

Respons gawat darurat yang saat ini dijalankan perusahaan BUMN juga harus dibedakan dengan respon jangka panjang. Di saat proses recovery dan pemulihan ekonomi pasca pandemik Covid-19, menurut Poppy peran perusahaan BUMN harus lebih proposional. Peran swasta nasional di saat pandemi, Covid-19 mengalami tekanan, diharapkan dapat kembali mengambil peran dalam pemulihan ekonomi

Menurut pandangan Poppy, Menteri BUMN, Erick Thohir telah berhasil menjadikan BUMN semakin sehat dan profesional. Dari sisi kinerja, beberapa BUMN sudah cukup baik dan menerapkan good corporate governance.  Sebut saja Telkom Indonesia, Bank Rakyat Indonesia BRI) dan Bank Mandiri. 

Poppy mengakui memang masih ada perusahaan BUMN yang masih dalam pembenahan. Namun jumlahnya lebih sedikit ketimbang perusahaan BUMN yang memiliki kinerja baik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×