kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Setahun pandemi Covid-19 di Indonesia, ini pekerjaan rumah terbesar bagi pemerintah


Selasa, 02 Maret 2021 / 13:54 WIB
Setahun pandemi Covid-19 di Indonesia, ini pekerjaan rumah terbesar bagi pemerintah
ILUSTRASI. Pelaksanaan tes swab PCR di sebuah laboratorium di Jakarta. (KONTAN/Baihaki)


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tepat setahun pandemi Covid-19 melanda di Indonesia. Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menuturkan, Pemerintah terus berupaya dalam menekan penyebaran laju penularan Covid-19.

Dalam penanganan pandemi, Dante menyebut kombinasi yang harus beriring dilakukan ialah, penerapan 3M di masyarakat dan 3T (testing, tracing, treatment) oleh Pemerintah.

"Kombinasi ini harus tetap berjalan walaupun kita sudah mengalami masa-masa sulit selama satu tahun ini. Kebersamaan inilah yang akan membuat kita keluar dari pandemi yang setahun ini berjalan," kata Dante dalam acara Peringatan Satu Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan Kemenristek/BRIN secara virtual, Selasa (2/3).

Dante juga mengingatkan setahun pandemi, dalam proses treatment membuat beberapa tenaga kesehatan gugur lantaran berjuang di garda yang paling belakang. Setahun pandemi juga diakui membuat adanya perkembangan dalam proses pengobatan pasien Covid-19.

Baca Juga: Efek pandemi, industri pariwisata dan perhotelan diprediksi belum pulih tahun ini

Jika pengobatan Covid-19 terus berkembang, maka kini yang menjadi pekerjaan rumah besar yang harus ditangani ialah tracing dan testing. Dante bahkan mengungkapkan proses tracing merupakan proses yang sebenarnya lebih penting dari vaksinasi, karena memperkuat sisi hulu pencegahan penyebaran virus.

"Bagaimana testing yang baik, mempunyai validitas tinggi, sensitifitas dan spesifisitas tinggi. Tak kalah penting, proses tracing ini lebih penting dari proses vaksinasi, karena akan memperkuat sisi hulu dimana masyarakat akan dicari bukan ditunggu untuk didiagnosis sebagai Covid-19 infection," jelas Dante.

Maka, diperlukan penguatan posisi hulu misal penguatan peran puskesmas sebagai sektor paling dekat di masyarakat. Selain penguatan di puskesmas, Pemerintah juga akan meningkatkan petugas contact tracer lebih banyak lagi.




TERBARU

[X]
×