kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebanyak 153 WNI di Ukraina Berada di Safe House KBRI


Sabtu, 26 Februari 2022 / 23:05 WIB
Sebanyak 153 WNI di Ukraina Berada di Safe House KBRI
ILUSTRASI. Tentara Ukraina


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melaporkan, ada 153 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tersebar di beberapa wilayah di Ukraina. Ratusan WNI ini dalam kondisi aman.

"Mereka saat ini semuanya Alhamdulillah dalam kondisi aman dan selamat dan telah berada di beberapa titik safe house yang telah disiapkan oleh KBRI," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu Judha Nugraha dalam konferensi pers secara virtual, Sabtu (26/2/2022).

Judha mengatakan, pemerintah terus berkomunikasi dengan WNI dan mengimbau mereka untuk segera melaporkan diri ke KBRI guna melengkapi data-data untuk proses evakuasi lebih lanjut.

Baca Juga: Dampak Aksi Rusia ke Ukraina, Lembaga Pemeringkat Perbarui Rating Kedua Negara

Ia mengatakan, dalam kondisi saat ini, pihaknya meminta WNI untuk mengunjungi titik aman di KBRI. Kemudian, bagi mereka yang kesulitan untuk mendapatkan transportasi menuju titik aman dapat melaporkan diri untuk dilakukan penjemputan.

"Sedangkan untuk Warga Negara Indonesia yang ada di selatan Ukraina yaitu ada di Odesa, kita juga meminta mereka berkumpul di sana di beberapa titik dan juga yang ada di Lviv itu kota yang dekat dengan perbatasan Polandia," ujarnya.

Lebih lanjut, Judha mengatakan, pihaknya juga menyiapkan tim konseling psikologis bagi WNI yang selama serangan militer takut dengan bunyi ledakan bom dan bunyi sirine

"Tim konseling psikologis yang kita lakukan secara virtual jarak jauh untuk membantu dan menemani para WNI, kita selama menghadapi situasi krisis ini," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kemenlu: 153 WNI di Ukraina Aman dan Selamat, Ada di Safe House KBRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×