kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45862,44   -0,26   -0.03%
  • EMAS918.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.15%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Satgas Covid-19: Persentase kematian akibat Covid-19 di Indonesia meningkat


Minggu, 16 Mei 2021 / 20:52 WIB
Satgas Covid-19: Persentase kematian akibat Covid-19 di Indonesia meningkat
ILUSTRASI. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Doni Monardo.ANTARA FOTO/Rony Muharrman/wsj.

Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, persentase kematian akibat Covid-19 di Indonesia mengalami peningkatan baru-baru ini. Doni menegaskan, kenaikan angka kematian ini harus dijadikan evaluasi penanganan kasus Covid-19 di tingkat nasional maupun daerah. 

"Persentase kematian kita mengalami peningkatan dalam beberapa minggu terakhir ini. Tolong setiap daerah mencermati kembali kemudian melalukan evaluasi dan mempelajari kenapa terjadi kenaikan kematian," ujar Doni dalam rapat koordinasi penanganan Covid-19 yang digelar virtual pada Minggu (16/5/2021). 

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas, pada 15 Mei angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia sebesar 2,76 persen. Sementara itu, persentase kasus angka kematian akibat Covid-19 di dunia sebesar 2,07 persen. Apabila dibandingkan dengan angka kematian pada 5 Februari, persentase kematian di Indonesia mengalami peningkatan. Pada 5 Februari angka kematian di Indonesia sebesar 2,75 persen. 

Baca Juga: Bio Farma targetkan penyuntikan vaksin gotong royong pekan depan

Di saat yang sama, persentase angka kematian dunia sebesar 2,18 persen. Oleh karenanya, Doni meminta daerah merinci penyebab tingginya kasus kematian. Menurutnya, harus dipastikan apakah tingginya angka kematian karena pasien terlambat mendapatkan perawatan atau disebabkan stok obat yang sudah mulai berkurang.

"Apakah mungkin ada faktor komorbid yang relatif tinggi (di suatu daerah) atau ada kelompok lansia yang juga dikategorikan sebagai kelompok rentan," tutur Doni. 

Faktor-faktor di atas menurutnya penting diidentifikasi karena negara harus memberikan perlindungan kepada warga yang terpapar Covid-19. Khususnya bagi kelompok rentan agar mendapat pelayanan yang lebih optimal. "Sehingga jika mengalami gejala maka prioritas pertama harus mendapat perawatan," tambah Doni.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Doni Monardo Sebut Persentase Kematian Akibat Covid-19 di Indonesia Meningkat"

Selanjutnya: Doni Monardo: Tempat wisata yang langgar prokes lebih baik ditutup

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Virtual Selling: How to win sales remotely Optimasi alur Pembelian hingga pembayaran

[X]
×