kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45775,36   4,40   0.57%
  • EMAS931.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Rapid test di zona merah Jawa Timur, Pelindo III sediakan 50.000 alat tes Covid-19


Jumat, 29 Mei 2020 / 00:25 WIB
Rapid test di zona merah Jawa Timur, Pelindo III sediakan 50.000 alat tes Covid-19
ILUSTRASI. Relawan medis melakukan rapid test kepada sejumlah warga di kawasan MH. Thamrin, Jakarta, Selasa (26/5). KONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Barly Haliem | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - SURABAYA. Pelindo III terus mendukung upaya Pemerintah menangani wabah corona (Covid-19). Kabar terbaru, Pelindo III menyediakan 50.000 alat rapid test Covid-19 gratis bagi warga di Jawa Timur.

Kelak, bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat maritim di Jawa Timur yaitu pelaku logistik antar pulau, nelayan, masyarakat pesisir, warga di wilayah pelabuhan perikanan dan penyeberangan. Bantuan itu juga menjangkau warga di pondok pesantren serta masyarakat lain dengan dikoordinasikan bersama Pemerintah Provinsi Jatim dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim.

Baca Juga: Menteri Agama masih berhati-hati membuka kembali pondok pesantren

Pada tahap pertama, Pelindo III melakukan rapid test di Pelabuhan Jangkar Situbondo Jawa timur, selanjutnya Pelabuhan penyeberangan Ketapang di Banyuwangi. Perusahaan ini juga akan menjemput bola dengan mendatangi titik aktivitas sehari-hari warga dengan melakukan tes di zona-zona yang masih dianggap merah.

Direktur Utama PT Pelindo III, Doso Agung mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat secara berkala akan menggelar rapid test tersebut. Mereka mengharapkan hal ini bisa membantu pemerintah dalam mendeteksi peta persebaran Covid-19 di Jawa Timur. Untuk tahap awal akan dilaksanakan pengetesan cepat sebanyak 5.000 rapid test.

“Kami akan melakukan sistem jemput bola dalam pelaksanaan bantuan rapid test gratis ini. Tim kami bekerja sama dengan gugus tugas Pemerintah Daerah setempat yang akan datang langsung ke wilayah yang dianggap rawan penyebaran Covid-19," kata Doso Agung, dalam pernyataan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (28/5).

Baca Juga: Ernst & Young: Efek Covid-19, masa depan bisnis ritel bergantung pada e-commerce

Pelindo III ingin memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan fasilitas deteksi dini Covid-19 tersebut. Deteksi dini sangat bermanfaat dalam pemetaan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Upaya tersebut merupakan dukungan Pelindo III membantu pemerintah menekan penyebaran Covid-19 khususnya di Jawa Timur. Terlebih, jumlah angka penderita Covid-19 di Jawa Timur belum menunjukkan tren menurun dalam beberapa waktu terakhir.

Untuk pelaksanaannya, Pelindo III menunjuk anak perusahaannya yaitu RS PHC Surabaya sebagai pelaksana rapid test.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×