kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rapat Paripurna DPR 21 November, Pengesahan Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI


Senin, 13 November 2023 / 22:00 WIB
Rapat Paripurna DPR 21 November, Pengesahan Agus Subiyanto Sebagai Panglima TNI
ILUSTRASI. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) sekaligus calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (13/11/2023). Komisi I DPR RI menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan kepada calon tunggal Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang telah diajukan oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki masa pensiun. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengungkapkan, pihaknya bakal membawa hasil persetujuan fit and proper test calon panglima TNI ke rapat paripurna DPR.

Dalam fit and proper test, Senin (13/11/2023), Komisi I menyetujui pencalonan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI.

Baca Juga: Jenderal Agus Subiyanto Dapat Restu Komisi I DPR Jadi Calon Panglima TNI

“Kurang lebih minggu depan, kita ada (rapat) paripurna lagi tanggal 21, jadi insya Allah di tanggal 21,” ujar Meutya pada awak media.

Ia lantas meminta Agus berada di Jakarta pada momen tersebut. “Pak Panglima ada di Jakarta ya tanggal 21?” sebut dia. “Insya Allah,” jawab Agus.

Sebelumnya, Meutya membacakan dua poin hasil fit and proper tes pada Agus. Pertama, menyetujui pemberhentian Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Yudo mesti digantikan karena memasuki masa purna tugas pada 26 November 2023. Kedua, menyetujui Agus sebagai Panglima TNI selanjutnya.

Ia mengatakan, proses voting tak dilakukan karena semua fraksi sudah menyetujui keputusan itu.

Baca Juga: Jokowi: Jenderal Agus Subiyanto Penuhi Semua Aspek untuk Dicalonkan Jadi Panglima TNI

“Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI,” papar Meutya.

Adapun saat ini Komisi I DPR RI tengah melakukan verifikasi faktual dengan mengunjungi kediaman Agus di Cipayung, Jakarta Timur.

Setelah proses selesai di Komisi I, DPR RI bakal memberikan keputusan pergantian di posisi Panglima TNI melalui rapat paripurna.

Selanjutnya, keputusan itu bakal diberikan pada Presiden Joko Widodo yang berwenang melakukan pelantikan Panglima TNI.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengesahan Agus Subiyanto Panglima TNI Digelar Saat Rapat Paripurna DPR 21 November"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×