kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jenderal Agus Subiyanto Dapat Restu Komisi I DPR Jadi Calon Panglima TNI


Senin, 13 November 2023 / 12:37 WIB
Jenderal Agus Subiyanto Dapat Restu Komisi I DPR Jadi Calon Panglima TNI
Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto (tengah) memberikan keterangan pers usai mengikuti apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu dan Deklarasi Pemilu Damai di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (8/11/2023). Apel yang juga diikuti 16 Kodam di seluruh wilayah Indonesia melalui daring tersebut untuk menyiapkan 115 ribu personel TNI AD dalam menjaga kemanan dan menjamin keberhasilan Pemilu 2024.


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA - Komisi I DPR telah menyetujui Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), sebagai calon Panglima TNI. Keputusan ini diambil setelah Agus menjalani fit and proper test di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, pada Senin (13/11/2023).

"Persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI telah diberikan oleh seluruh fraksi di DPR," ujar Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, dalam konferensi pers di Gedung DPR pada hari Senin.

Langkah selanjutnya adalah pemastian persetujuan ini melalui rapat paripurna DPR, di mana Agus nantinya akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam konteks ini, Meutya juga mengumumkan penghentian secara hormat dari jabatan Panglima TNI untuk Laksamana TNI Yudo Margono.

Baca Juga: Jokowi: Jenderal Agus Subiyanto Penuhi Semua Aspek untuk Dicalonkan Jadi Panglima TNI

"Pada rapat internal Komisi I pada tanggal 13 November 2023, setelah mendengarkan pendapat dari semua fraksi, keputusan diambil untuk menyetujui pemberhentian dengan hormat Laksamana TNI Yudo Margono sebagai Panglima TNI sambil memberikan apresiasi," jelas Meutya.

Dengan demikian, proses ini menandai langkah penting dalam perubahan kepemimpinan tinggi TNI, dan sejalan dengan prosedur yang telah ditetapkan, Agus Subiyanto dipilih sebagai sosok yang tepat untuk mengemban tugas sebagai Panglima TNI berikutnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Komisi I DPR Setujui Jenderal Agus Subiyanto Jadi Calon Panglima TNI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×