kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Punya potensi besar, Jokowi ajak Jepang gerakkan ekonomi ASEAN


Kamis, 12 November 2020 / 19:11 WIB
Punya potensi besar, Jokowi ajak Jepang gerakkan ekonomi ASEAN


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengajak Jepang untuk bekerja sama mengerakkan ekonomi di ASEAN. Hal itu mengingat tekanan ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang dirasakan masyarakat dunia.

Kerja sama ASEAN - Jepang diyakini dapat berdampak signifikan mengingat potensi yang ada dari kedua pihak.

"Tahun 2019 misalnya, investasi Jepang di ASEAN mencapai US$ 20,3 miliar, terbesar kedua di Kawasan. Volume perdagangan ASEAN-Jepang mencapai US$225,9 miliar. Kunjungan wisatawan antara keduanya mencapai sekitar 10 juta orang," ujar Jokowi saat memberikan pidato pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-23 ASEAN - Jepang melalui video conference di Istana Bogor, Kamis (12/11).

Jokowi menyebut terdapat dua hal bentuk kerja sama yang dapat dilakukan ASEAN dan Jepang untuk memulihkan kondisi perekonomian kawasan di tengah pandemi. Pertama kerja sama untuk percepatan pemulihan ekonomi itu sendiri.

Baca Juga: Pidato di KTT ke-23 ASEAN-China, Jokowi singgung vaksin corona

Kepala Negara berpendapat bahwa ASEAN dapat menjadi mitra utama Jepang dalam diversifikasi rantai pasokan sekaligus perluasan investasi. Terutama pengembangan sektor kesehatan mengingat pentingnya bagi ketahanan ekonomi.

"Penguatan sistem ketahanan kesehatan harus menjadi prioritas kerja sama ASEAN dan Jepang," terang Jokowi.

Bentuk kerja sama kedua, berkaitan dengan penciptaan kondisi yang kondusif di kawasan. Sebab, stabilitas keamanan menjadi prasyarat bagi bergeraknya roda perekonomian.

"Di tengah keterpurukan global, saat ini tidak ada ruang untuk trust deficit. Sebaliknya, strategic trust harus terus dipertebal," jelas Jokowi.

Jokowi meyakini bahwa hal tersebut dapat dicapai apabila masing-masing pihak mengedepankan paradigma win-win dan berkolaborasi satu sama lain.

ASEAN dan Jepang sendiri dapat menjalin kerja sama yang lebih konkret melalui kerangka ASEAN Outlook on the Indo-Pacific.

Selanjutnya: Jokowi optimistis ASEAN travel corridor bisa dongkrak ekonomi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×