kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi Tunjuk Muhammad Taufiq sebagai Plt. Kepala LAN


Kamis, 22 Februari 2024 / 10:54 WIB
Presiden Jokowi Tunjuk Muhammad Taufiq sebagai Plt. Kepala LAN


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Muhammad Taufiq sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LAN sampai dengan ditetapkannya pejabat definitif Kepala LAN.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 7/TPA Tahun 2024 tentang Penunjukan Pelaksana Tugas Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan Lembaga Administrasi Negara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Abdullah Azwar Anas menyampaikan harapan agar LAN mampu mempercepat transformasi dan pemikiran inovatif (out of the box) untuk menjalankan tugas dan fungsinya khususnya terkait dengan pengembangan kompetensi ASN sebagaimana telah dimandatkan oleh presiden.

Baca Juga: Kabar Duka, Kepala LAN Adi Suryanto Meninggal Dunia

Sebab itu, LAN sebagai pembina pengembangan kompetensi ASN harus menciptakan pembelajaran yang inovatif guna memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi ASN.

Terlebih pasca terbitnya UU No. 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara, peran LAN menjadi sangat strategis untuk mengembangkan kompetensi ASN yang meliputi PNS dan PPPK.

Oleh karena itu, dibutuhkan pembelajaran pola baru yang lebih mengedepankan perkembangan teknologi serta mampu mengidentifikasi kebutuhan pegawai milenial.

Baca Juga: Sudah Berjalan 10 Tahun, Hasil Agenda Reformasi Birokrasi di Indonesia Belum Optimal

“Ke depan, saya berharap, melalui pembelajaran yang inovatif, LAN mampu menciptakan ASN yang profesional dan berkelas dunia,” ujar Azwar dalam keterangan tertulisnya, Kamis (22/2).

Seperti diketahui, penunjukkan Muhammad Taufiq menjadi Plt Kepala LAN, menggantikan Kepala LAN terdahulu Adi Suryanto yang wafat pada 15 Desember 2023.

Dr. Muhammad Taufiq, DEA merupakan Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara LAN.

Sebelum menjabat dalam jabatan tersebut, Muhammad Taufiq menjabat sebagai Deputi Bidang Kajian Kebijakan LAN (2016-2018), Kepala Pusat Kajian Reformasi Administrasi LAN (2014-2016), Kepala Pusat Kajian Manajemen Pelayanan LAN (2013-2014), dan Pembantu Ketua I Bidang Akademik pada STIA LAN Jakarta (2007-2011).

Baca Juga: Dukung Kemajuan Industri, Kemenperin Gembleng 804 CPNS Jadi Aparatur Profesional

Memiliki gelar Doktor Ilmu Politik dari Institut d’Etudes Politiques de Bordeaux, Perancis, tahun 2005 dan Master Ilmu Politik dari Universitas yang sama dengan gelar doktornya di Institut d’Etudes Politiques de Bordeaux, Perancis, tahun 1998 dan memperoleh gelar sarjana Hubungan Internasional tahun 1992 dari Universitas Negeri Jember.

Muhammad Taufiq juga mempunyai pengalaman pekerjaan dalam berbagai bidang dan lembaga. Sejak 2009 hingga 2012, pernah menjabat sebagai penasihat untuk Ministry of State Administration and Territorial Management Timor Leste dalam mempersiapkan kebijakan Reformasi Sektor Publik.

Selain itu, pernah menjadi team leader untuk berbagai program dari GIZ, AusAid untuk pengembangan kapasitas untuk aparatur di bagian timur Indonesia dan pemerintah daerah Indonesia dalam bidang pengembangan ekonomi lokal, organisasi dan pengembangan serta manajemen sumber daya manusia, akuntabilitas dan manajemen kinerja.

Baca Juga: LAN Gandeng GNIK Luncurkan Platform Digital ASN Talent Academy

Muhammad Taufiq juga aktif menjadi narasumber dalam banyak seminar, lokakarya, dan pelatihan di bidang reformasi birokrasi serta manajemen perubahan dan kapasitas kepemimpinan.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×