kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden Jokowi Resmi Tutup KTT ke-43 ASEAN


Kamis, 07 September 2023 / 18:22 WIB
Presiden Jokowi Resmi Tutup KTT ke-43 ASEAN
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup KTT ke-43 ASEAN. Penutupan sekaligus memberikan tongkat ketuaan KTT ASEAN ke Laos.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi menutup KTT ke-43 ASEAN. Penutupan sekaligus memberikan tongkat ketuaan KTT ASEAN ke Laos.

Jokowi menyampaikan, selama pertemuan KTT ASEAN, ia menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir. Hal ini menguatkan harapan, semangat untuk terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yang damai, kawasan yang stabil dan kawasan yang sejahtera.

“Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan menghasilkan 90 outcome dokumen dan sejumlah kesepakatan-kesepakatan konkrit dengan mitra,” ujar Jokowi di JCC Senayan, Kamis (7/9).

Jokowi mengajak semua pihak mengukuhkan kawasan Indo-Pasifik sebagai teater perdamaian dan inklusifitas. Sebab hal itu adalah pondasi kunci yang akan mengantarkan ASEAN ke masa depan yang lebih baik untuk rakyat dan untuk dunia.

“Inilah esensi yang dibangun keketuaan Indonesia menjadikan ASEAN matters sebagai epicentrum of growth,” kata Jokowi.  

Baca Juga: Buka KTT ASEAN-India, Jokowi Dorong Peningkatan Kerja Sama Ekonomi Biru

Akan tetapi, lanjut Jokowi, tugas ASEAN belum selesai. Menurutnya, pekerjaan besar ASEAN tidak mungkin selesai dalam satu keketuaan saja. “Kita akan terus menghadapi beragam dinamika dan kompleksitas tantangan global,” ucap Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengajak semua pihak terus bahu membahu menavigasi tantangan menjadi peluang, menavigasi rivalitas menjadi kolaborasi, menavigasi eksklusifitas menjadi inklusifitas dan menavigasi perbedaan menjadi persatuan.

Jokowi menyatakan, ASEAN harus menjadi nahkoda di kapal komunitas ASEAN sendiri dan ini saatnya tongkat keketuaan diserahkan ke Laos.

“And now we past the button to Lao PDR, mari kita terus perkuat kolaborasi dan kerjasama untuk ASEAN yang damai dan makmur serta menjadikan dunia sebagai tempat yang lebih baik untuk semua, sekali lagi saya mengucapkan terimakasih atas dukungan terhadap keketuaan Indonesia di 2023 dan dengan demikian KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya secara resmi saya tutup,” kata Jokowi.

Baca Juga: KTT ASEAN: Jokowi Dorong Sinergi ASEAN-PBB untuk Jaga Perdamaian Kawasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×