kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45766,43   -13,89   -1.78%
  • EMAS1.024.000 0,10%
  • RD.SAHAM 0.16%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polisi: Tidak ada larangan mudik Idul Adha!


Selasa, 28 Juli 2020 / 07:07 WIB
Polisi: Tidak ada larangan mudik Idul Adha!
ILUSTRASI. Kendaraan melintas di Tol Cipali Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/nz

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bagi Anda yang ingin merayakan Idul Adha di kampung halaman, ini ada kabar baik. Pihak Kepolisian menegaskan tidak akan melakukan pelarangan mudik pada hari raya Idul Adha 1441 H yang akan jatuh pada 31 Juli 2020. Hal ini berbeda dari hari raya Idul Fitri pada Mei lalu, yang berbarengan dengan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB). 

Saat itu wilayah Jakarta dan sekitarnya masuk zona merah pandemi Covid-19, masyarakat dilarang bepergian dari dan menuju Ibu Kota. Sejumlah ruas jalan dilakukan penyekatan, hanya kendaraan logistik dan mereka yang memiliki surat izin keluar masuk (SIKM) yang boleh melintas.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta resmi mencabut SIKM

Berselang dua bulan, kondisi sudah berbeda. Masyarakat sudah diperbolehkan melakukan perjalanan tanpa gangguan berarti. Kabag Ops Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Rudi Antariksawan mengatakan, meski tidak ada larangan melakukan perjalanan, pengawasan ketat tetap bakal diterapkan di sejumlah titik. 

“Bagi masyarakat yang ingin mudik sebenarnya tidak ada larangan. Hanya saja, kami mengimbau untuk selalu patuhi protokol kesehatan,” ujar Rudi, saat dihubungi, Senin (27/7/2020).

Baca Juga: Bandara Soekarno-Hatta kembali ramai pasca aturan masa berlaku tes Covid-19 diubah

Menurut Rudi, Korlantas Polri siap melakukan pengawasan di sejumlah jalur mudik menjelang hari raya Idul Adha. Di antaranya jalur arteri, Jalan Tol Cikampek Utama, Cikopo, Palimanan, Pejagan, Brebes Timur, hingga ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tujuannya untuk menjaga kelancaran arus agar tidak terjadi antrean kendaraan. Pasalnya, ia memprediksi volume kendaraan akan meningkat.

Baca Juga: Ada larangan mudik, jumlah penumpang angkutan umum turun hingga 98,52%

Mengingat terdapat waktu libur tiga hari pada akhir pekan ini. Kondisi ini pasti dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur atau bersilaturahim ke kampung halaman. “Untuk antisipasi kemacetan, sejumlah personel akan diterjunkan, termasuk menyediakan mobile reader di gerbang tol. Kami juga telah koordinasi dengan seluruh stakeholder, seluruh jajaran turunkan sepertiga kekuatan,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Sebut Tak Ada Larangan Mudik Idul Adha"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Azwar Ferdian

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×