kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polisi siapkan pengamanan sidang Ahok


Senin, 12 Desember 2016 / 17:17 WIB
Polisi siapkan pengamanan sidang Ahok


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, mengatakan, pihaknya tengah menyiapkan pengamanan untuk sidang perdana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Selasa (13/12).

Argo mengatakan, saat ini masih belum bisa memastikan berapa personel yang akan diturunkan, Selasa. Kepolisian akan mengamankan jalannya sidang tersebut.

"Pertama adalah kegiatan, kegiatan itu sidang, dari awal, pelaksanaan hingga akhir kami amankan. Kedua pengamanan lokasi. Lokasi pengadilan kita amankan, dengan lokasi lain seperti sentra ekonomi dan perkantoran," ujarnya Argo, Senin (12/12).

"Ketiga mengamankan orang. Orang siapa? Orang disana, orang yang melaksanakan sidang, perangkat sidang, pengunjung sidang serta media," kata Argo di Mapolda Metro Jaya.

Argo mengatakan, para pengunjung juga dipastikan agar tidak mengganggu atau mengacaukan jalannya sidang.

Salah satunya dengan memeriksa agar pengunjung ke ruang sidang tidak membawa senjata tajam dan alat-alat yang membahayakan.

"Kita cek nanti apakah ada metal detector atau tidak," ujar Argo.

Argo menjelaskan bahwa kapasitas ruang sidang di bekas Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Jalan Gajah Mada nomor 17, terbatas untuk sekitar 60-80 pengunjung.

Untuk mengantisipasi membludaknya pengunjung, ada kemungkinan memasang layar agar pengunjung yang tak tertampung di dalam, bisa melihat proses persidangan.

"Nanti kita koordinasi siapa tahu di luar sidang ada TV. Mau nonton boleh. Tidak ada yang boleh masuk. Sekarang gini, kalau sudah penuh apa dipaksakan?" ujarnya.

"Sedang dikoordinasikan, mudah-mudahan ada. Jadi masyarakat yang tidak tertampung dalam lingkungan ruang sidang bisa melihat dari luar," ia menambahkan.

Argo mengatakan, pengamanan esok hari akan bersifat situasional, tergantung kondisi di lapangan.

Ia jgua berharap sidang berlangsung tertib dan tidak akan menggangu kegiatan lainnya maupun lalu lintas. (Nibras Nada Nailufar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×