kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Polantas Punya Seragam Baru Dilengkapi Body Camera, Ini Fungsinya


Selasa, 27 September 2022 / 23:05 WIB
Polantas Punya Seragam Baru Dilengkapi Body Camera, Ini Fungsinya


Sumber: Kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Polisi lalu lintas alias polantas bakal memiliki seragam baru untuk bertugas. Seragam anyar ini dibekali body camera (bodycam).

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan, seragam polantas akan dilengkapi dengan body camera

Hanya, "Untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam, teknis saya belum terinformasi sudah digunakan atau belum dan lain-lain," katanya kepada Kompas.com, Selasa (27/9).

Yang jelas, menurut Nurul, seragam baru polantas yang akan dilengkapi dengan body camera itu akan digunakan personel saat bertugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Unit Turjawali). 

Nantinya, body camera tersebut menjadi alat pantauan atau pengawas situasi lalu lintas di sekitar petugas tersebut. Bahkan, body camera itu juga akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). 

Baca Juga: Korlantas Polri Usul BPKB Elektronik, Cek Syarat & Biaya Balik Nama BPKB Mobil Motor

"Atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas, sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya," ucap dia. 

Dikutip dari Kompas.id, Korlantas Polri memperbarui pakaian dinas, yang dibuat minimalis untuk memudahkan polantas melakukan tindakan penanganan kecelakaan. 

Seragam baru itu merupakan modifikasi dari seragam sebelumnya, tetapi ada tambahan seperti atribut yang dibordir, keterkaitan dengan handy talky (HT), serta body camera. 

Kepala Korlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi menyebutkan, perubahan seragam baru itu sesuai dengan perkembangan dan tantangan tugas yang baru. 

"Kami melihat ada beberapa yang perlu penyesuaian," ujar Firman, dikutip dari Kompas.id, Senin (26/9).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri: Seragam Baru Polantas Akan Dilengkapi “Body Camera”"

Penulis: Rahel Narda Chaterine
Editor: Sabrina Asril

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×