kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal 1 2023 Tertinggi Kedua Dunia, Cek Datanya


Senin, 08 Mei 2023 / 07:31 WIB
Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal 1 2023 Tertinggi Kedua Dunia, Cek Datanya
ILUSTRASI. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal 1 2023 Tertinggi Kedua Dunia, Cek Datanya


Reporter: kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal pertama tahun 2023 masih di kisaran 5%. Namun pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal pertama tahun 2023 termasuk yang tertinggi di dunia.

Bahkan, pemerintah klaim pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal pertama tahun 2023 adalah yang tertinggi kedua di dunia. Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal pertama tahun 2023 mengalahkan China yang selama ini jadi pemimpin pertumbuhan ekonomi global.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, produk domestik bruto (PDB) RI tumbuh 5,03 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal pertama 2023. Realisasi ini melampaui prediksi analis yang berada di kisaran 4,8 hingga 4,9 persen.

Laju pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun ini juga lebih tinggi dibanding kuartal terakhir tahun 2022. Tercatat pada kuartal IV-2022, pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,01 persen secara yoy.

Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih berada dalam tren positif. Tercatat sejak kuaral IV 2021, PDB RI terus tumbuh di kisaran 5 persen secara tahunan. "Tren pertumbuhan ekonomi tahunan masih tumbuh pada level 5 persen menandakan ekonomi kita masih stabil," ujar dia, dalam konferensi pers, Jumat (5/5/2023).

Baca Juga: Pekerjaan Rumah Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Pertumbuhan kuat di tengah ketidakpastian global Realisasi tersebut menunjukan, perekonomian nasional masih terjaga di tengah ketidakpastian global. Resiliensi ini dibukukan oleh berbagai sumber pertumbuhan ekonomi. "Pertumbuhan ekonomi ini lebih didorong dari kondisi ekonomi domestik yang solid," ujar Peneliti Makroekonomi dan Pasar Keuangan LPEM FEB UI, Teuku Riefky.

Jika dilihat berdasarkan sumbernya, pertumbuhan ekonomi masih ditopang oleh konsumsi rumah tangga, dengan kontribusi sebesar 2,44 persen. Pasca dicabutnya status PPKM pada pengujung tahun lalu, konsumsi rumah tangga mencatatkan pertumbuhan sebesa 4,54 persen secara yoy. "Pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi didorong oleh konsumsi yang kuat," kata Teuku.

Setelah konsumsi rumah tangga, perdagangan internasional menjadi kontributor pertumbuhan ekonomi terbesar kedua, dengan porsi sebesar 1,69 persen. Kemudian, penanaman modal tetap bruto (PMTB) atau investasi berkontribusi 0,68 persen, dan sumber pertumbuhan ekonomi lainnya berkontribusi 0,22 persen.

Sementara itu, jika dilihat berdasarkan lapangan usahanya, sumber pertumbuhan ekonomi didominasi oleh 4 sektor utama. Keempat sektor tersebut ialah, industri pengolahan, perdagangan, transportasi dan pergudangan, serta informasi dan komunikasi.

Data menunjukan, industri pengolahan menyumbang 0,92 persen terhadap pertumbuhan ekonomi kuartal pertama tahun ini. Mengekor, sektor perdagangan berkontribusi 0,64 persen, sektor transportasi dan pergudangan juga berkontribusi 0,64 persen, serta informasi dan komunikasi berkontribusi 0,46 persen.

Seluruh sumber pertumbuhan ekonomi berdasarkan lapangan usaha tumbuh positif. Namun, pertumbuhan paling tinggi dicatatkan sektor transportasi dan pergudangan, yakni sebesar 15,93 persen secara tahunan.

Pesatnya pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan terjadi seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat. Tercatat angkutan rel tumbuh 51,09 persen, kemudian angkutan udara tumbuh sebesar 41 persen. "Tumbuhnya berbagai sektor perekonomian terutama pengolahan dan sektor yang mengandalkan mobilitas seperti transportasi mendorong pertumbuhan ekonomi," tutur Riefky.

Pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua di G20

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,03 persen secara tahunan pada kuartal I-2023 menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Bahkan Ia menyebutkan, realisasi pertumbuhan ekonomi RI menjadi yang tertinggi kedua di antara negara-negara dengan perekonomian terbesar yakni G20. "Pertumbuhan ekonomi kita 5,03 persen itu kan salah satu yang tertinggi atau nomor 2 di antara G20," ujar dia.

Sebagai informasi, sebagian negara anggota G20 memang telah mengumumkan realisasi pertumbuhan ekonomi pada periode tiga bulan pertama tahun ini. Namun, sebagian negara belum merilis data tersebut.

Mengacu kepada data Trading Economics, Indonesia memang menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi paling tinggi di antara negara G20.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2023 mengungguli China dengan pertumbuhan 4,5 persen, Meksiko tumbuh 3,9 persen, Amerika Serikat tumbuh 1,6 persen, Korea Selatan tumbuh 0,8 persen, Singapura tumbuh 0,1 persen, serta Jerman yang justru terkontraksi perekonomiannya sebesar 0,1 persen.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal I 2023 hanya kalah dengan Arab Saudi yang mencapai 5,5%. "Jadi di tengah dunia yang pertumbuhan melambat, yang lain belum recover, kita sudah recover duluan," kata Airlangga.

Menurut Airlangga, kuatnya pertumbuhan ekonomi nasional tidak terlepas dari aktivitas masyarakat yang mulai pulih pasca status PPKM dicabut pada akhir tahun lalu. Selain itu, reformasi struktural yang dilakukan pemerintah dinilai juga telah membuahkan hasil positif, sehingga mendukung pertumbuhan investasi. "Prospek pertumbuhan ekonomi nasional ke depan tetap kuat," ucap Airlangga.

Prospek ekonomi Indonesia 2023 positif

Dengan melihat realisasi kuartal I-2023, perekonomian diyakini tetap tumbuh positif hingga pengujung tahun. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, kinerja pertumbuhan ekonomi tahun 2023 diperkirakan masih cukup menjanjikan di tengah perlambatan ekonomi global.

"Resiliensi tingkat pertumbuhan ekonomi hingga triwulan I menjadi indikasi kuat bahwa daya tahan perekonomian nasional dalam menghadapi tekanan global terus membaik," tuturnya.

Pemerintah bahkan memasang target, hingga akhir tahun ini perekonomian nasional dapat tumbuh hingga 5,3 persen secara yoy. Menko Airlangga menyebutkan, salah satu faktor yang mendukung optimisme itu ialah fenomena tahun politik. "Kita berharap target pembangunan kita, pertumbuhan di akhir tahun, khususnya tahun politik 2023 ini bisa mencapai 5,3 persen," katanya.

Ia pun membeberkan sejumlah indikator yang menunjukan, fundamental ekonomi RI terus membaik. Salah satunya ialah Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang terus tumbuh, di mana pada Maret 2023 mencapai 123,3. Kemudian, aktivitas sektor industri kian menggeliat. Hal ini terefleksikan dari capaian Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia pada April 2023 yang berada di level 52,7, naik 0,8 poin jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

RI juga dinilai cukup terjaga dari kondisi eksternal. Hal ini terefleksikan dari surplus transaksi berjalan yang ditopang oleh surplus neraca perdagangan yang terus berlanjut serta cadangan devisa yang mencukupi. "Kami optimis bahwa pertumbuhan ini bisa terus dijaga di tahun 2023 dan tentunya menjadi momentum di tahun 2024," kata Airlangga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kinerja Ekonomi Indonesia 3 Bulan Pertama 2023, Ungguli China hingga Nomor 2 Tertinggi di Antara Negara Maju",


Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Erlangga Djumena

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×