kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.906.000   5.000   0,26%
  • USD/IDR 16.260   -19,00   -0,12%
  • IDX 6.904   3,46   0,05%
  • KOMPAS100 1.002   -1,47   -0,15%
  • LQ45 762   -5,14   -0,67%
  • ISSI 228   0,95   0,42%
  • IDX30 393   -2,78   -0,70%
  • IDXHIDIV20 453   -3,10   -0,68%
  • IDX80 112   -0,45   -0,40%
  • IDXV30 114   -0,16   -0,14%
  • IDXQ30 127   -1,02   -0,80%

Persepsi Konsumen Terhadap Ekonomi Saat Ini Sedikit Meningkat


Selasa, 08 Juli 2025 / 12:17 WIB
Persepsi Konsumen Terhadap Ekonomi Saat Ini Sedikit Meningkat
ILUSTRASI. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini sedikit lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya.(KONTAN/Cheppy A. Muchlis)


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini sedikit lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya.

Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan, pada Juni 2025 persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini membaik, tecermin dari indeks kondisi ekonomi saat ini (IKE) Juni 2025 sebesar 106,7, sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan 106,0 pada bulan sebelumnya.

Membaiknya IKE Juni 2025 didukung oleh Indeks Penghasilan Saat Ini (IPSI) dan Indeks Pembelian Barang Tahan Lama/Durable Goods (IPDG) yang berada pada level optimis masing-masing tercatat sebesar 120,2 dan 105,9, lebih tinggi dibandingkan periode sebelumnya sebesar 118,1 dan 104,1.

Baca Juga: Hasil Survei BI: Optimisme Konsumen Kembali Meningkat pada Juni 2025

“Sementara itu, Indeks Ketersediaan Lapangan Kerja (IKLK) tercatat di level pesimis sebesar 94,1, turun dari bulan sebelumnya 95,7,” mengutip laporan BI, Selasa (8/7).

Secara spasial, beberapa kota mencatatkan peningkatan IKE seperti Makassar, Surabaya, dan Medan. Sementara itu, sejumlah kota mengalami penurunan IKE, terutama Bandar Lampung, Semarang, dan Banten.

Lebih lanjut, secara umum keyakinan konsumen terhadap penghasilan saat ini terindikasi meningkat untuk beberapa kelompok konsumen. Berdasarkan kelompok pengeluaran, peningkatan indeks tertinggi tercatat pada responden pengeluaran Rp 3,1 juta- Rp 4 juta, diikuti Rp 2,1 juta-Rp 3 juta.

Dari sisi usia, peningkatan indeks tertinggi tercatat pada responden 41 tahun-50 tahun, diikuti usia 31 tahun-40 tahun.

Baca Juga: Keyakinan Konsumen Turun, Pemerintah: Dampak dari Ketidakpastian Ekonomi Global

Selanjutnya, persepsi responden terhadap ketersediaan lapangan pekerjaan saat ini berada pada zona pesimis, yang bersumber dari seluruh kelompok usia dan pendidikan, kecuali kelompok pendidikan Sarjana yang tetap berada di level optimis.

Dari sisi pengeluaran, Indeks Pembelian Barang Tahan Lama/Durable Goods pada kelompok pengeluaran lebih dari Rp 3,1 juta berada dalam zona optimis, sementara kelompok pengeluaran kurang dari Rp 3,1 juta berada pada zona pesimis.

Berdasarkan kelompok usia, optimisme pembelian barang tahan lama pada kelompok usia 20 tahun-50 tahun masih terjaga di level optimis dan tercatat lebih tinggi dari periode sebelumnya

Selanjutnya: Pertamina Patra Niaga Merombak Susunan Direksi

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Paling Murah Sejagat 8-15 Juli 2025, Mama Lemon Jadi Rp 7.900

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×