Penyerapan Tenaga Kerja Membaik di Kuartal IV-2021


Jumat, 14 Januari 2022 / 18:02 WIB
Penyerapan Tenaga Kerja Membaik di Kuartal IV-2021
ILUSTRASI. Survei BI merekam, penyerapan tenaga kerja membaik pada kuartal IV-2021 lalu.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyerapan tenaga kerja nampak membaik pada kuartal IV-2021. Ini tercermin dari Indeks Jumlah Tenaga Kerja kuartal IV-2021 yang sebesar 48,16%, atau lebih tinggi dibandingkan 46,76% pada kuartal sebelumnya. 

“Peningkatan penggunaan tenaga kerja ini seiring dengan meningkatnya aktivitas produktivitas produksi pada masa tersebut,” ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporannya, Jumat (14/1). 

Hanya saja, meski memang menunjukkan peningkatan, penyerapan tenaga kerja ini masih berada dalam fase kontraksi atau indeks berada di bawah 50. 

Baca Juga: Kinerja Industri Pengolahan Makin Ciamik di Kuartal IV 2021

Kabar baiknya, sudah ada beberapa subsektor yang tercatat mengalami ekspansi penyerapan tenaga kerja, yaitu subsektor makanan, minuman dan tembakau; kertas dan barang dari kertas; serta semen dan barang galian non logam. 

Ke depan, Erwin optimistis, penyerapan tenaga kerja makin ekspansif setidaknya pada awal tahun 2022. Pada kuartal I-2022, diperkirakan indeks jumlah tenaga kerja tercatat 50,84% atau masuk ke dalam zona ekspansif. 

“Peningkatan tersebut sejalan dengan aktivitas produksi yang kembali meningkat,” tambah Erwin. 

Beberapa subsektor yang diperkirakan bakal menambah tenaga kerja antara lain subsektor alat angkut, mesin dan peralatannya, semen dan barang galian non logam; nakanan, minuman dan tembakau, serta logam dasar besi dan baja. 

Baca Juga: Kinerja Industri Pengolahan Diperkirakan Meningkat pada Kuartal I-2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×