kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah kebut penyelesaian aturan turunan UU Cipta Kerja


Minggu, 15 November 2020 / 20:45 WIB
Pemerintah kebut penyelesaian aturan turunan UU Cipta Kerja
ILUSTRASI. Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam konferensi pers tentang kartu prakerja,


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah tengah berupaya menyelesaikan  peraturan pelaksanaan turunan UU Cipta Kerja. Ditargetkan, aturan turunan tersebut dapat selesai paling lambat Jumat (20/11), kecuali beberapa RPP tertentu yang  perlu konsolidasi substansi dengan banyak K/L.

Aturan turunan yang sedang disusun sebanyak 40 Peraturan Pemerintah (PP) dan 4 Peraturan Presiden (Perpres), dimana sampai saat ini sudah ada  ada 24 Rancangan PP (RPP) yang telah diselesaikan pembahasannya dengan semua Kementerian/Lembaga (K/L) yang terkait.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso  pun memastikan akan segera merampungkan aturan turunan yang tersisa dengan melakukan pembahasan bersama seluruh kementerian/lembaga  pekan ini.

Menurutnya, aturan turunan yang belum rampung sudah memiliki draf awal RPP tetapi tengah dalam tahap sinkronisasi antar Kementerian/Lembaga.

Baca Juga: RPP kemudahan berusaha dalam bidang perpajakan dinilai positif

“Kami terus mendorong percepatan penyelesaian RPP di internal Pemerintah, agar segera dapat diunggah di Portal Resmi UU Cipta Kerja," ujar Susiwijono dalam keterangan tertulis, Minggu (15/11).

Menurutnya, ini diperlukan  supaya masyarakat dapat segera mengakses dan mengunduh draf RPP, sehingga dapat segera memberikan masukan dan usulan atas substansi RPP  yang ada.

Adapun, pemerintah mengundang dan membuka ruang partisipasi publik yang seluas-luasnya dalam penyusunan dan perumusan RPP dan RPerpres turunan UU Cipta Kerja, dengan menyediakan akses secara fisik di Posko Cipta Kerja yakni di Kantor Kemenko Perekonomian dan bisa diakses secara daring melalui Portal Resmi UU Cipta Kerja.

Dengan akses yang lebih mudah, diharapkan lebih mendorong masyarakat untuk dapat memberikan masukan terhadap substansi dan materi RPP dan RPerpres turunan UU Cipta Kerja.

Baca Juga: Belum dapat bantuan kuota dari Kemendikbud? Ini kata Nadiem Makarim




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×