kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,16   -14,36   -1.64%
  • EMAS920.000 0,00%
  • RD.SAHAM -1.01%
  • RD.CAMPURAN -0.38%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pemerintah berencana hapus unit litbang di kementerian dan lembaga


Selasa, 10 April 2018 / 12:31 WIB
Pemerintah berencana hapus unit litbang di kementerian dan lembaga
ILUSTRASI. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro

Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah berencana menghapus unit pengembangan dan penelitian (litbang) di seluruh kementerian lembanga (K/L). Rencana ini dilakukan menyusul arahan Presiden Joko Widodo yang menginginkan pengelolaan dana penelitian (litbang) disatukan dalam kementerian atau lembaga tersendiri guna menghentikan tindakan menghambur-hamburkan anggaran dari K/L.

"Sekarang ini litbang tersebar di banyak K/L terus masih ada BPPT, LIPI dan segala macam, sekarang kita usahakan kementerian yang litbangnya tidak terlalu aktif dan direview dulu lah," ungkap Bambang Brododjonegoro, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional di Istana Kepresidenan, Senin (9/4).

Review tersebut dilakukan untuk melihat apakah masih perlu litbang di kementerian tersebut. "Karena bisa saja litbang itu diintegrasikan dengan BPPT dan LIPI," tambah Bambang. 

Apalagi saat ini menurut Bambang, Indonesia lebih baik memiliki lembaga yang berbasis Research and Development (RnD) agar fokus dan cakupan penelitian bisa lebih luas.

Untuk itu, pemerintah saat ini tengah menggodok payung hukum berupa Undang-Undang (UU) untuk kebijakan ini. Menurut Bambang, calon beleid itu kini sedang dibahas di DPR dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memperjelas anggaran untuk penelitian di K/L itu cukup besar yakni senilai Rp 24,9 triliun. Maka dari itu ia menginginkan dana tersebut dimaksimalkan dengan baik.

Sehingga, ia menginginkan ada suatu lembaga atau kementerian yang mengelola dana khusus untuk penelitian. Dengan demikian, ke depan hasil penelitian bisa lebih komprehensif.

"Saya tegaskan sekali lagi kementerian dan lembaga harus fokus terhadap anggaran jangan dicecer-cecer, dibagi-bagi," tegas Presiden, dalam sidang rapat kabiner paripurna, kemarin.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Panduan Cepat Maximizing Leadership Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale

[X]
×